Penilaian Kinerja Keuangan Perusahaan Yang Tercatat Pada BEI Sebelum dan Sesudah Akuisisi Dengan menggunakan konsep Economic Value Added (EVA) : Studi empiris pada perusahaan pelayaran.

CandraPuspitaDewi (2008) Penilaian Kinerja Keuangan Perusahaan Yang Tercatat Pada BEI Sebelum dan Sesudah Akuisisi Dengan menggunakan konsep Economic Value Added (EVA) : Studi empiris pada perusahaan pelayaran. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Akuisisi merupakan salah satu strategi yang digunakan oleh manajemen perusahaan untuk mengembangkan usahanya di dalam persaingan dunia global yang semakin kompetitif. Akuisisi mampu memberikan keuntungan baik bagi perusahaan yang mengakuisisi maupun perusahaan yang diakuisisi, khususnya para pemilik perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana kinerja keuangan perusahaan pelayaran, yang tercatat pada BEI, sebelum dan sesudah akuisisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep Economic Value Added (EVA), yang memfokuskan pada pengukuran kesuksesan perusahaan, dilihat dari kemampuan perusahaan dalam memberikan tingkat pengembalian yang diinginkan investor atas investasi yang dilakukan. EVA juga berfokus pada penciptaan nilai tambah ekonomis dari suatu kegiatan atau strategi dan kebijakan manajemen perusahaan selama periode tertentu. Objek penelitian ini adalah perusahaan pelayaran perkapalan yang terdaftar di BEI, dengan periode setahun sebelum dan sesudah dilakukannya akuisisi. Hasil analisis menunjukkan bahwa perusahaan mampu menghasilkan nilai EVA positif dengan peningkatan yang sangat signifikan bila dibandingkan dengan sebelum perusahaan diakuisisi. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan telah berhasil menciptakan nilai tambah bagi pemilik modal, yang konsisten dengan tujuan memaksimumkan nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/515/050803523
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 20 Nov 2008 08:51
Last Modified: 21 Oct 2021 08:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103789
[thumbnail of 050803523.PDF]
Preview
Other
050803523.PDF

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item