“Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Auditor Changes : Ditinjau Dari Sudut Pandang Klien): Studi Empiris Pada Perusahaan Go Public Di Indonesia.

NoorKumala (2008) “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Auditor Changes : Ditinjau Dari Sudut Pandang Klien): Studi Empiris Pada Perusahaan Go Public Di Indonesia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian studi empiris untuk mengetahui faktorfaktor yang mempengaruhi klien melakukan auditor changes selama tahun 2002 sampai 2006. Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keputusan klien melakukan pergantian Kantor Akuntan Publik adalah pendapat auditor, masalah kesulitan keuangan yang dialami perusahaan, ketidaksetujuan antara manajemen dan auditor mengenai penerapan standar akuntansi yang digunakan, pergantian manajemen, permintaan akan jasa atestasi lain selain audit, audit fee, ukuran KAP, Perubahan Presentase ROA, permintaan kreditur, lamanya penyelesaian audit, kepemilikan mayoritas, dan perubahan presentase EPS. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur, finansila, dan jasa yang listing di BEJ antara tahun 2002 sampai 2006. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 72 perusahaan selama empat tahun sehingga jumlah keseluruhan sampel adalah 288. Metode pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling . Sedangkan metode analisis data menggunakan analisis regresi logistik dan analisis deskriptif. Hasil dari analisis regresi logistik menunjukkan bahwa pendapat auditor masalah kesulitan keuangan yang dialami perusahaan, dan perubahan presentase ROA berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan klien melakukan pergantian Kantor Akuntan Publik. Dari hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa ketidaksetujuan antara manajemen dan auditor mengenai penerapan standar akuntansi, audit fee, dan permintaan kreditur juga berpengaruh signifikan terhadap keputusan klien untuk melakukan auditor changes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/507/050803458
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 13 Nov 2008 12:13
Last Modified: 21 Oct 2021 08:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103781
[thumbnail of 050803458.pdf]
Preview
Text
050803458.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item