Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Jasa Pesantren Mahasiswa Al Hikam Malang Terhadap Kepuasan Santri Pada Santri Pesantren Mahasiswa (Pesma) Al Hikam Malang.

ImaduddinYusuf (2008) Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Jasa Pesantren Mahasiswa Al Hikam Malang Terhadap Kepuasan Santri Pada Santri Pesantren Mahasiswa (Pesma) Al Hikam Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang merupakan salah satu pesantren mahasiswa yang eksis di Kota Malang. Pesantren Mahasiswa sendiri sangat unik karena santrinya merupakan mahasiswa, dimana mahasiswa sendiri memiliki bermacam macam kemauan dan keinginan. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui pengaruh dimensi kualitas pelayanan jasa pesantren mahasiswa Al- Hikam Malang terhadap kepuasan santri yang nota bene adalah mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (e ksplanatory research ) dengan menggunakan metode survei. Sedangkan untuk menguji pengaruh dimensi kualitas jasa (X) yang terdiri atas reliability (X1), responsiveness (X2), assurance (X3), empathy (X4), tangibles (X5) terhadap kepuasan santri (Y) menggunakan Uji F dan Uji t. Sampel yang digunakan berjumlah 81 santri dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Berdasarkan analisis regresi linear berganda, dapat diketahui bahwa kepuasan santri (Y) dapat dijelaskan oleh reliability (X1), responsiveness (X2), assurance (X3), empathy (X4), tangibles (X5) sebesar 60,5% (dilihat dari adjusted R 2 ). Sedangkan sisanya 39,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil hipotesis I dengan menggunakan uji F dan uji t menunjukkan bahwa dimensi kualitas jasa secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan santri. dan hanya variabel responsiveness (X2) yang secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan santri. Sedangkan untuk hipotesis II dengan menggunakan analisis regresi linear berganda, menunjukkan bahwa tangibles (X5) yang memiliki pengaruh dominan terhadap kepuasan santri (dilihat dari standardize coefficient beta yang terbesar).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/503/050803414
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 13 Nov 2008 12:03
Last Modified: 21 Oct 2021 08:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103777
[thumbnail of 050803414.pdf] Text
050803414.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item