Perumusan Strategi pada PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Malang Regional Office Berdasarkan Analisis Lingkungan Internal dan Eksternal Perusahaan

AbdFangky (2008) Perumusan Strategi pada PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Malang Regional Office Berdasarkan Analisis Lingkungan Internal dan Eksternal Perusahaan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Setiap perusahaan pasti mempunyai tujuan, baik itu tujuan jangka pendek maupun tujuan jangka panjang yang hendak dicapai dalam kurun waktu tertentu. Usaha pencapaian tujuan perusahaan umumnya tidak lepas dari kondisi lingkungan perusahaan, baik lingkungan internal maupun eksternal yang dalam perkembangannya selalu berubah. Strategi merupakan salah satu cara yang dapat digunakan perusahaan untuk mengantisipasi ataupun menjawab tantangan perubahan lingkungan. Untuk menghasilkan strategi yang efektif dan efisien, salah satu proses manajemen strategi yang dapat dimanfaatkan perusahaan adalah perumusan strategi. Dengan perumusan strategi yang baik diharapkan perusahaan dapat mencapai tujuannya dalam segala kondisi lingkungan. Salah satu perusahaan yang dituntut untuk selalu mengantisipasi perubahan lingkungan dengan cara menghasilkan strategi yang tepat melalui perumusan strategi yang baik adalah PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Malang Regional Office yang saat ini sedang menghadapi kondisi persaingan yang sangat ketat karena banyaknya pesaing yang tentunya akan menghambat Persero untuk mencapai tujuaanya. Disisi lain, pangsa pasar yang diperebutkan masih rendah, hal ini tentunya merupakan kondisi yang potensial bagi Persero untuk meningkatkan pendapatan preminya. Oleh karena itu, diperlukan perumusan strategi yang tepat untuk memanfaatkan peluang tersebut. Perumusan strategi dilakukan melalui lima tahapan yaitu dengan menggunakan matriks IFAS, matriks EFAS, matriks SFAS, matriks SWOT dan matriks Sembilan Sel. Hasil matriks IFAS sebesar 3,57 menunjukkan bahwa perusahaan mempunyai kondisi lingkungan internal yang baik. Adapun dari lingkungan eksternal, hasil matriks EFAS sebesar 3,93 menunjukkan bahwa Persero mampu memanfaatkan peluang-peluang yang ada dengan mengantisipasi berbagai ancaman. matriks SFAS sebesar 3,68 menunjukan bahwa Persero mempunyai kekuatan untuk memanfaatkan peluang dan mengatasi ancaman dari lingkungan eksternalnya. matriks SWOT menghasilkan alternatif Strategi SO ( Strengths-Opportunities ) dengan berbagai alternatif strategi yang disarankan. Matriks Sembilan Sel menghasilkan strategi pertumbuhan: konsentrasi via integrasi horizontal. Dengan strategi tersebut, Persero diharapkan dapat mencapai tujuannya dalam segala kondisi lingkungan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/452/050802805
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 24 Sep 2008 09:37
Last Modified: 21 Oct 2021 08:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103726
[thumbnail of 050802805.pdf]
Preview
Text
050802805.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item