Perumusan Strategi Bank Muamalat Indonesia Cabang Malang dalam Menghadapi Persaingan pada Segmen Pasar Menengah Ke Bawah (Middle Down)

MArifSuwito (2008) Perumusan Strategi Bank Muamalat Indonesia Cabang Malang dalam Menghadapi Persaingan pada Segmen Pasar Menengah Ke Bawah (Middle Down). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ada beberapa, diantaranya ingin mengetahui bagaimana kondisi Bank Muamalat Indonesia (BMI) Cabang Malang saat ini dan ke depan dalam meraih segmen pasar menengah ke bawah ( middle down ). Selain itu penelitian ini juga bertujuan menganalisis faktor-faktor penentu keberhasilan apa saja yang menjadi kekuatan, kelemahan, hambatan, dan peluang BMI Cabang Malang dalam menghadapi persaingan di segmen pasar menengah ke bawah ( middle down ). Tujuan akhir dari penelitian ini adalah mencari alternatif-alternatif strategi apa saja yang tepat, dan efektif untuk diterapkan di BMI Cabang Malang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Tahap pertama yang dilakukan dalam perumusan strategi BMI Cabang Malang adalah menganalisis lingkungan BMI Cabang Malang, baik analisis lingkungan eksternal maupun internal. Penelitian ini menggunakan alat analisis EFE dan IFE untuk mencari critical success factor dari BMI Cabang Malang. Tahap selanjutnya yaitu menggunakan alat analisis Matriks SWOT dan IE yang merupakan alat dalam menentukan alternatif strategi yang mungkin dilakukan. Untuk lebih memfokuskan pilihan strategi pada analisis Matriks SWOT, maka disusun Diagram SWOT. Tahap terakhir adalah membuat analisis QSPM untuk menentukan strategi mana yang dianggap paling baik dan sesuai untuk diimplementasikan oleh BMI Cabang Malang pada saat ini. Hasil analisis lingkungan eksternal pada Matrik EFE menunjukkan nilai 2,83 yang mengindikasikan respon BMI Cabang Malang terhadap lingkungan eksternal di atas rata-rata. Artinya, perusahaan telah mampu memanfaatkan peluang dan mengantisipasi ancaman yang muncul. Hasil analisis lingkungan internal dengan Matrik IFE menunjukkan nilai 2,69. Hal ini mengindikasikan BMI Cabang Malang dapat memanfaatkan keunggulan yang dimiliki untuk meminimalkan kelemahan yang ada. Berdasarkan hasil analisis Matriks SWOT, BMI Cabang Malang berada pada sel 1, yaitu strategi agresif. Alternatif strategi yang dapat digunakan yaitu Pengembangan Produk, Pengembangan Pasar dan Penetrasi Pasar. Dalam analisis Matrik IE, posisi BMI Cabang Malang berada di Kuadran V yang artinya perusahaan sedang dalam kondisi jaga dan pertahankan. Alternatif strategi yang umum digunakan dalam kondisi ini adalah strategi market penetration (penetrasi pasar) dan product development (pengembangan produk). Hasil analisis QSPM menunjukkan penetrasi pasar adalah strategi yang paling mungkin dilakukan oleh BMI Cabang Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/448/050802735
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 15 Sep 2008 13:26
Last Modified: 21 Oct 2021 08:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103722
[thumbnail of 050802735.pdf]
Preview
Text
050802735.pdf

Download (9MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item