EvitaKikisW (2008) Pengaruh Kebijakan Potongan Harga (Diskon) Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Pakaian Jadi Di Ramayana Departement Store Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh potongan harga (diskon) terhadap keputusan konsumen dalam pembelian pakaian jadi di Ramayana Departemen Store Malang. Dalam hal ini variabel potongan harga (diskon) terdiri dari besarnya diskon, lama diskon dan frekuensi diskon. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel independen (potongan harga) terhadap variabel dependen (keputusan konsumen) maka digunakan analisis regresi berganda. Penelitian ini dilakukan terhadap konsumen yang sedang membeli pakaian jadi di Ramayana Departemen Store Malang. Metode penelitian yang dilakukan adalah explanatory research (penelitian penjelasan) yang menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpul data yang disebarkan kepada responden dengan sampel sebanyak 100 orang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling . Sedangkan teknik pengumpulan ddatanya menggunakan teknik wawancara dan kuisioner. Alat uji yang digunakan unutk menguji istrumen penelitian berupa uji validitas, uji reabilitas, dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis menggunakan uji F dan t. Untuk menganalisis data digunakan uji regresi linear berganda dan diperkuat dengan asumsi klasik yang berupa uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Hasil uji F terhadap ketiga variabel penelitian yaitu variabel besarnya diskon (X 1 ), variabel lama diskon (X 2 ) dan varoiabel frekuensi diskon (X 3 ) menunjukkan bahwa ketiga variabel tersebut secara bersama-sama (simultan) mempunyai pengaruh terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian pakaian jadi di Ramayana Departemen Store Malang. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel besarnya diskon (X 1 ) dan lama diskon (X 2 ) secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen dalam pembelian pakaian jadi di Ramayana Departemen Store Malang. Dan dari hasil uji t menunjukkan bahwa variabel frekuensi diskon (X 3 ) mempunyai pengaruh yang dominan terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian pakaian jadi di Ramayana Departemen Store Malang.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2008/440/050802727 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 15 Sep 2008 11:39 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 07:36 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103715 |
Text
050802727.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |