FardyIchwanto (2008) Variabel-Variabel Mempengaruhi Pembelian Telepon Selular Sony Ericsson Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Latar belakang penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsumen dalam pembelian telepon selular Sony Ericsson yang terdiri dari delapan variabel. Variabel tersebut antara lain yaitu : pengalaman belajar dan motivasi, persepsi, keadaan ekonomi, kelompok referensi, produk, harga, promosi dan budaya. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel independent terhadap variabel dependent , maka digunakan analisis regresi linear berganda dengan uji F dan uji t. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian survey dengan pendekatan eksplanatory yaitu jenis penelitian dengan keterangan-keterangan yang bersifat menjelaskan. Sampel yang diambil menggunakan teknik purposive sampling yaitu pengambilan sampel yang didasarkan pada karakteristik tertentu dan jumlahnya adalah 100 responden. Dari hasil regresi dapat diketahui bahwa variabel independent yang terdiri pengalaman belajar dan motivasi (X1), persepsi (X2), keadaan ekonomi (X3), kelompok referensi (X4), produk (X5), harga (X6), promosi (X7), budaya (X8) secara simultan berpengaruh terhadap variabel dependent yaitu keputusan pembelian (Y). hal ini dibuktikan dengan nilai Sig F 0,000 dimana Sig F 0,000<0,005. Dapat diketahui juga bahwa hasil uji t variabel independent yaitu Sig t X1 sebesar (0,038), Sig t X2 sebesar (0,014), Sig t X3 sebesar (0,024), Sig t X4 sebesar (0,024), Sig t X5 sebesar (0,004), Sig t X6 sebesar (0,021), Sig t X7 sebesar (0,037), dan Sig t X8 sebesar (0,017) dimana seluruh variable bernilai lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa secara parsial seluruh variable independent berpengaruh terhadap variable dependent. Serta variable yang menunjukkan paling dominant adalah variable X5 yaitu dengan nilai Sig t sebesar 0,004. Sony Ericsson adalah salah satu perusahaan telepon selular terbesar dan sudah dikenal oleh masyarakat, dengan menigkatkan kualitas produk baik dari segi desain ataupun menu dan fitur agar dapat bersaing dengan perusahaan telepon selular lainnya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2008/438/050802725 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 16 Sep 2008 14:28 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 07:36 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103712 |
Text
050802725.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |