Analisis deskriptif kinerja keuangan dan kinerja saham PT. Bank Internasional Indonesia, Tbk. : Periode Sebelum dan Sesudah di Akuisisi Temasek Sampai dengan diambilalih oleh Maybank

AsriWidyastuti (2008) Analisis deskriptif kinerja keuangan dan kinerja saham PT. Bank Internasional Indonesia, Tbk. : Periode Sebelum dan Sesudah di Akuisisi Temasek Sampai dengan diambilalih oleh Maybank. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT Bank Internasional Indonesia Tbk (BII) merupakan bank umum devisa yang terus berkembang dan menjadi salah satu bank swasta nasional terkemuka di Indonesia. Pada bulan Desember 2003, Konsorsium Sorak Financial Holdings di bawah kendali Temasek perusahaan investasi milik Pemerintah Singapura mengambil alih saham PT. Bank Internasional Indonesia Tbk sebesar 51%, melalui suatu proses penjualan kompetitif yang diselenggarakan oleh Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan dan kinerja saham PT Bank Internasional Indonesia, Tbk. yang diukur dengan menggunakan rasio CAR, RORA, NPM, ROA, BOPO, LDR satu tahun sebelum dan tiga tahun sesudah akuisisi oleh Temasek Holdings. Studi dilakukan terhadap laporan keuangan dan data harga saham PT BII yang dipublikasikan oleh Bursa Efek Jakarta (BEJ). Hasil analisis menunjukkan bahwa setelah kepemilikan PT BII berpindah ke Temasek Holdings, perusahaan mampu meningkatkan kinerja perusahaan dengan baik. Hal tersebut didukung oleh fakta bahwa empat tahun setelah diakuisisi, perusahaan mengalami kenaikan yang cukup signifikan pada kinerja perusahaan, baik ditinjau dari aspek modal, kualitas aktiva, aspek manajemen, rentabilitas, ataupun likuiditas. Begitu pula dengan hasil analisis terhadap kinerja harga saham yang mengalami peningkatan setelah diakuisisi Temasek. Tetapi, tingkat pengembalian sahamnya menurun. Sehingga Temasek melepaskan sahamnya untuk diambil alih oleh Maybank. Alasan lainnya adalah Kebijakan Kepemilikan Tunggal (SPP) yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/425/050802623
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 Sep 2008 14:02
Last Modified: 04 Sep 2008 14:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103700
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item