Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan Mahasiswa Jurusan Akuntansi dalam pemilihan karir sebagai Akuntan Publik dan Non Akuntan Publik : studi kasus pada Universitas Brawijaya Malang.

MitaMardianaSavitri (2008) Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan Mahasiswa Jurusan Akuntansi dalam pemilihan karir sebagai Akuntan Publik dan Non Akuntan Publik : studi kasus pada Universitas Brawijaya Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan mahasiswa akuntansi yang memilih karir sebagai akuntan publik dan non akuntan publik dari beberapa faktor yang meliputi faktor penghasilan, faktor ketersediaan kesempatan kerja, faktor pelatihan profesional, faktor lingkungan kerja dan faktor personalitas. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah sebesar 121 yang terdiri atas 86 mahasiswa akuntansi dan 35 mahasiswa akuntansi yang menempuh Pendidikan Profesi Akuntansi di Universitas Brawijaya Malang. Independent sample t-test digunakan untuk membandingkan perbedaan dalam pemilihan karir antara kedua kelompok responden, sedangkan analisis diskriminan digunakan untuk mengetahui faktor-faktor yang paling membedakan dalam pemilihan karir. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi yang memilih karir sebagai akuntan publik lebih mempertimbangkan kelima faktor dengan nilai probabilitas lebih dari 0,05 dimana faktor penghasilan, faktor pelatihan profesional dan faktor lingkungan kerja menunjukkan perbedaan secara signifikan dengan menggunakan Independent sample t-test . Dalam analisis diskriminan ditemukan faktor yang paling membedakan dari kedua kelompok responden yaitu faktor penghasilan dan faktor pelatihan profesional menjadi faktor pembeda untuk memilih karir sebagai akuntan publik dan non akuntan publik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/417/050802504
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Aug 2008 13:26
Last Modified: 21 Oct 2021 07:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103691
[thumbnail of 050802504.pdf]
Preview
Text
050802504.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item