Peranan Kredit Koperasi Karyawan Bank Rakyat Indonesia bagi Kesejahteraan Anggota (Studi Kasus pada Koperasi Karyawan ”Artha Sejahtera” PT. BRI (Persero) Cabang Nganjuk).

Kartika, Santi (2008) Peranan Kredit Koperasi Karyawan Bank Rakyat Indonesia bagi Kesejahteraan Anggota (Studi Kasus pada Koperasi Karyawan ”Artha Sejahtera” PT. BRI (Persero) Cabang Nganjuk). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penelitian skripsi ini, dilatarbelakangi oleh perbedaan tingkat suku bunga kredit antara Bank Rakyat Indonesia dengan Koperasi Karyawan ”Artha Sejahtera” yang dimiliki oleh BRI itu sendiri, keberadaan koperasi karyawan di perusahaan pada umumnya memiliki beberapa usaha yang mempunyai peranan atau manfaat untuk anggotanya. Salah satunya adalah usaha simpan pinjam bagi anggota koperasi yang diharapkan akan mampu meningkatkan kesejahteraan anggota. Penelitian ini ingin mengetahui bagaimana peranan kredit yang diberikan koperasi karyawan ”Artha Sejahtera” bagi kesejahteraan anggotanya dan untuk mengetahui usaha yang dilakukan koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan anggota. Berdasarkan hasil penelitian, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada yaitu banyak karyawan Bank Rakyat Indonesia yang menerima kredit dari Koperasi. persyaratan-persyaratan dalam pengajuan kredit ke Koperasi lebih sederhana dan biaya yang dikenakan dalam pengajuan kredit lebih murah daripada pengajuan kredit ke Bank Rakyat Indonesia. Pemberian kredit Koperasi Karyawan kepada anggota dengan bunga rendah dapat meningkatkan kesejahteraan anggota karena anggota dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan lain. Uang pinjaman yang diterima anggota mayoritas untuk pembelian rumah,tanah, dll yang akan meningkatkan kesejahteraan kehidupan anggota. Dari hasil perhitungan dengan Trend diketahui bahwa perkembangan jumlah kredit yang diterima anggota koperasi tahun 2000-2007 selalu mengalami kenaikan karena kebutuhankebutuhan anggota koperasi akan kredit juga terus meningkat dikarenakan untuk meningkatkan jumlah pendapatan guna membantu kondisi ekonomi para anggota koperasi. Usaha yang dilakukan koperasi dalam hal peningkatan kesejahteraan anggota yaitu setiap saat pihak koperasi memberikan pengarahan untuk semua anggota koperasi agar mau berwirausaha dengan tidak menganggu pekerjaan tetap para anggota koperasi. Usaha sampingan yang dapat dilakukan oleh para anggota koperasi antara lain bertani, jual beli motor atau mobil, beternak, pedagang, dan lain-lain. Dengan adanya usaha sampingan ini diharapkan mampu meningkatkan pendapatan tambahan bagi anggota koperasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/406/050802493
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Aug 2008 13:33
Last Modified: 21 Oct 2021 07:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103682
[thumbnail of 050802493.pdf]
Preview
Text
050802493.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item