AnggiTanjungNoviarina, (2008) Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Memilih Pasar Tradisional Sebagai Tempat Berbelanja : Studi Pada Pasar Blimbing Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perilaku konsumen dalam mengambil keputusan pemilihan tempat berbelanja pada konsumen pasar blimbing Malang. Di era globalisasi saat ini segala sesuatu bergerak cepat dan situasi mudah berubah. Pemenuhan kebutuhan masyarakat terutama dari segi ekonomi semakin meningkat, sehingga pasar harus mampu memenuhi kebutuhan konsumen. Dalam upaya pemenuhan kebutuhan tersebut, masyarakat memiliki alternatif tempat dalam pemenuhan kebutuhannya yaitu, melalui pasar tradisional maupun pasar modern. Apabila dilihat dari segi ekonomi di Indonesia pada saat ini pasar tradisional merupakan salah satu alternatif untuk berbelanja.Pada saat ini daya beli mayoritas masyarakat menurun dengan adanya kenaikan bahanbahan pokok. Pasar tradisional masih memiliki potensi dan pangsa pasar untuk dapat terus beroperasi sekalipun muncul pasar modern. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis faktorfaktor yang mempengaruhi konsumen dalam memilih pasar tradisional sebagai tempat berbelanja baik secara simultan maupun parsial, serta mengetahui dan menganalisis variabel manakah yang paling dominan terhadap keputusan pemilihan tempat berbelanja. Penelitian ini dilakukan terhadap konsumen yang sedang atau pernah berbelanja di pasar blimbing. Metode penelitian yang dilakukan adalah explanatory research (penelitian penjelasan) yang menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data yang disebarkan kepada responden dengan sampel sebanyak 96 orang responden. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling . Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Alat uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian berupa uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis menggunakan uji F dan t. Untuk menganalisis data digunakan uji regresi linear berganda dan diperkuat dengan uji asumsi klasik yang berupa uji normalitas, uji mulitikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Hasil uji F terhadap kelima variabel penelitian yaitu faktor budaya (X 1 ), faktor sosial (X 2 ), faktor pribadi (X 3 ), faktor psikologis (X 4 ), dan faktor bauran pemasaran (X 5 ) menunjukkan bahwa kelima variabel tersebut secara bersama-sama (simultan) mempunyai pengaruh terhadap keputusan pemilihan tempat berbelanja. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel faktor budaya (X 1 ), faktor sosial (X 2 ), faktor pribadi (X 3 ), faktor psikologis (X 4 ), dan faktor bauran pemasaran (X 5 ) secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pemilihan tempat berbelanja. Dan dari hasil uji t menunjukkan bahwa variabel bauran pemasaran (X 5 ) mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pemilihan tempat berbelanja.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2008/403/050802490 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 28 Aug 2008 11:36 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 07:05 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103679 |
Text
050802490.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |