Pengaruh Media Iklan Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Benih Padi Pertanian Pada PT. Sang Hyang Seri (PERSERO) Regional Manager II Malang

DhannyRusieFirmansyah (2008) Pengaruh Media Iklan Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Benih Padi Pertanian Pada PT. Sang Hyang Seri (PERSERO) Regional Manager II Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang menguji dan menganalisis tentang pengaruh media iklan terhadap keputusan pembelian konsumen di PT. Sang Hyang Seri (Persero) Regional Manager II Malang. Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui penggunaan media iklan perusahaan, dan mengetahui variabel mana yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian dalam hal ini petani yang diwakili oleh ketua kelompok taninya. Media iklan merupakan salah satu alat untuk komunikasi perusahaan dengan konsumennya sehingga konsumen akan mengetahui bahwa produk yang telah dihasilkan perusahaan ada dipasaran, media iklan merupakan media komunikasi satu arah yaitu dari perusahaan ke konsumen dalam hal ini adalah petani. Ada beberapa aspek yang diperhitungkan dalam menganalisis pengaruh media advertising terhadap keputusan beli konsumen, di mana media iklan yang digunakan mencakup surat kabar (X1), radio (X2), papan reklame (X3) dan majalah (X4) dan keputusan pembelian konsumen (Y) yang juga sebagai variabel penelitian. Untuk melakukan penelitian ini menggunakan metode penelitian yang tersusun sebagai berikut, jenis penelitian yang digunakan adalah korelasional, sampel yang diteliti sebanyak 126 orang responden yang seluruhnya adalah ketua kelompok tani yang mewakili kelompok taninya untuk melakukan transaksi tentang pembelian benih padi pertanian, metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner, interview dan metode analisis yang digunakan adalah asumsi klasik, korelasi berganda untuk mengetahui tingkat hubungan, regresi berganda untuk mengetahui tingkat pengaruh seluruh variabel penelitian dan yang paling kuat dan dominan. Dari hasil analisis tersebut dapat diketahui bahwa besarnya hubungan yang terjadi antara X1 sampai dengan X4 adalah sebesar 0,777 atau sebesar 77,7% dan nilai R Square 0,777. Dengan demikian keempat variabel bebas X1 s/d X4 sangat diperhitungkan petani dalam menerima informasi dari perusahaan khususnya dalam pembelian benih padi pertanian, karena hubungan yang ditimbulkan adalah besar maka setiap media advertising yang digunakan perusahaan tidak lepas dari perhatian masyarakat sehingga mempengaruhi keputusannya. Sedangkan faktor yang dominan pengaruhnya dari keempat variabel penelitian adalah X4 (Majalah) diteliti terhadap Y diketahui dengan melihat nilai regresi berganda (untuk pengaruh) memiliki nilai 0,653 diketahui memiliki pengaruh yang paling tinggi dengan nilai regresi ganda paling besar. Berdasar hasil analisis yang telah dilakukan diketahui bahwa seluruh variabel penelitian (X1 s/d X4) memiliki hubungan dan pengaruh yang kuat terhadap keputusan konsumen di mana diketahui X4 (Majalah) memiliki pengaruh yang dominan terhadap keputusan pembelian konsumen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/379/050802355
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 26 Aug 2008 14:15
Last Modified: 21 Oct 2021 06:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103659
[thumbnail of 050802355.pdf] Text
050802355.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item