Analisis Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pada Pengunjung Jawa Timur Park Batu

MuchamadNurKahfi (2008) Analisis Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pada Pengunjung Jawa Timur Park Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Saat ini industri pariwisata di Indonesia sendiri merupakan sektor kegiatan perekonomian sebagai penghasil devisa terbesar kedua setelah minyak gas (migas). Industri pariwisata merupakan usaha di bidang jasa yang selalu berorientasi pada konsumen (pengunjung). Jawa Timur Park sebagai ikon pariwisata di Jawa Timur yang terletak di Kota Batu adalah perusahaan jasa pariwisata yang selalu melalukan inovasi dalam meningkatkan kepuasan pengunjung. Peningkatan kualitas pelayanan tersebut dilakukan dengan mengoptimalkan dimensi kualitas pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dimensi kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen (pengunjung) Jawa Timur Park, Batu yang diukur dari dimensi kualitas pelayanan, yaitu tangibles (bukti fisik), reliability (keandalan), responsivness (daya tanggap), assurance (jaminan), dan emphaty (empati) dan mengetahui dimensi kualitas pelayanan yang paling dominan mempengaruhi kepuasan pengunjung Jawa Timur Park, Batu. Diharapkan, informasi yang diperoleh dapat digunakan oleh pihak Manajemen Jawa Timur Park untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada pengunjung sehingga menjadi sumber keunggulan daya saing bagi perusahaan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah library research , kuesioner, dan wawancara. Populasi penelitian ini adalah pengunjung Jawa Timur Park, Batu. Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik Purposive Sampling . Penentuan jumlah responden berdasarkan pendapat Roscoe yaitu sampel diambil lebih besar dari 30 dan lebih kecil dari 500 oleh karena itu sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 100 responden. Sedang alat analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda, Hasil pengujian regresi linear berganda menunjukan bahwa dengan uji F diperoleh bahwa variabel dimensi kualitas pelayanan (X) secara bersama-sama (simultan) memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen/pengunjung (Y). Sedangkan pada pengujian dengan uji t dapat diketahui bahwa variabel tangibles (bukti fisik), reliability (keandalan), responsivness (daya tanggap), dan assurance (jaminan), secara parsial berpengaruh signifikan dengan kepuasan pengunjung, sedangkan variabel e mphaty (empati) tidak berpengauh secara signifikan terhadap kepuasan Pengunjung. Variabel dimensi kualitas pelayanan yang dominan mempengaruhi kepuasan pengunjung adalah variabel tangibles , dimana variabel tersebut memiliki nilai koefisien standardized (Beta) tertinggi dibandingkan dengan variabel independen lainnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/364/050802339
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 26 Aug 2008 15:47
Last Modified: 21 Oct 2021 06:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103645
[thumbnail of 050802339.pdf] Text
050802339.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item