Variabel yang berpengaruh terhadap ketepatan wajib pajak dalam membayar pajak Bumi dan Bangunan (PBB) : studi pada Kelurahan Kepanjen Kidul Kota Blitar

NurulWidyaningrum (2008) Variabel yang berpengaruh terhadap ketepatan wajib pajak dalam membayar pajak Bumi dan Bangunan (PBB) : studi pada Kelurahan Kepanjen Kidul Kota Blitar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ketepatan Wajib Pajak dalam membayar Pajak Bumi dan Bangunan yaitu kesediaan Wajib Pajak membayar PBB yaitu keinginan, niat, dan keikhlasan untuk mematuhi peraturan perpajakan. Dalam hal ini Wajib Pajak akan membayar pajak terutang sesuai dengan jumlah dan batas waktu pembayaran PBB sejak diterimanya SPPT oleh Wajib Pajak dalam meningkatkan penerimaan pajak khususnya PBB. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah variabel Kepatuhan Wajib Pajak, Status Kepamilikan Tanah, Pendapatan Wajib Pajak, Intensifikasi Dari KPPBB mempengaruhi Ketepatan Wajib Pajak dalam melakukan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan. Dalam penelitian ini termasuk jenis penelitian penjelasan. Adapun langkahlangkah yang dilakukan untuk memperoleh data dan informasi melalui penyebaran kuesioner. Dari langkah itu dilakukan analisa untuk mengukur validitas dan reliabilitas keabsahan data. Selain hal tersebut, juga dilakukan analisa regresi berganda untuk mengetahui tingkat pengaruh, signifikan dan dominan dari empat variabel yang diteliti. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa 1) variabel Kepatuhan Wajib Pajak, Status Kepamilikan Tanah, Pendapatan Wajib Pajak, Intensifikasi Dari KPPBB berpengaruh positif dan signifikan secara simultan dan parsial. 2) berdasarkan analisa regresi berganda menyatakan bahwa pendapatan wajib pajak mempunyai pengaruh dominan terhadap kepatuhan masyarakat dalam melakukan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan. Dengan demikian ketepatan wajib pajak dipengaruhi oleh banyak faktor. Akan tetapi yang berpengaruh paling besar pada ketepatan wajib pajak adalah pendapatan wajib pajak. Akan tetapi masih diperlukan sosialisasi atas sistem perpajakan mulai dari hukum, sistemadministrasi berupa tata cara perhitungan dan pembayaran yang lebih kontinyu dari pihak-pihak yang terkait dari KPPBB Kota Blitar untuk meningkatkan efektivitas ketepatan Wajib Pajak dalam membayar PBB.

English Abstract

the property tax that is desire, intention, and candidness to obey the rule of taxation. In this case taxpayer will pay for tax owed as according to deadlines and amount payment of property tax since the accepting of SPPT by taxpayer in improving acceptance of tax especially property tax. The objective of this research is to understand if the variable of taxpayer compliance, ownership status of land, earnings of taxpayer, intensification of KPPBB influence the accuracy of taxpayer in conducting the payment of property tax. This research is an explanatory research. Where the steps performed to obtain the data and information were by spreading the questionnaire. From that steps analysis was conducted to measure the validity and reliabilities authenticity of data. Besides that, multivariate regression analysis was conducted to know the influence, significant and dominant level from those four variables. The result of this research show that 1) variable of taxpayer compliance, ownership status of land, earnings of taxpayer, intensification of KPPBB have a positive and significant influence 2) pursuant to analysis of multivariate regression express that earnings of taxpayer have dominant influence to compliance of society in conducting the payment of property tax. Thereby, accuracy of taxpayer was influenced by many factors. However the mostsignificant influence is earnings of taxpayer. However socialization of taxation system start from law, administrate system in form of calculation procedures and payment is still needed by KPPBB of Blitar City to improve the effectiveness accuracy of taxpayer in paying the property tax.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/36/050800370
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 18 Mar 2008 10:51
Last Modified: 21 Oct 2021 06:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103639
[thumbnail of 050800370.pdf] Text
050800370.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item