Analisis Kinerja PT. Trisnantara Satriaperkasa Grahasejahtera Dengan Pendekatan Balanced Scorecard.

IGustiTomaDani (2008) Analisis Kinerja PT. Trisnantara Satriaperkasa Grahasejahtera Dengan Pendekatan Balanced Scorecard. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Menjadi sebuah perusahaan yang memiliki kinerja yang baik dan berkembang terus menerus ( continues improvement ) adalah harapan setiap manajemen. Untuk mencapai kondisi tersebut, pihak manajemen dituntut untuk mampu merumuskan strategi yang relevan, terutama bagi perusahaan yang sedang berkembang. Salah satu usaha yang dapat dilakukan perusahaan untuk mengetahui efektifitas dan efisiensi operasional dalam mewujudkan tujuannya adalah dengan mengukur kinerjanya. Balanced scorecard, dalam hal ini merupakan alat ukur kinerja yang komprehensif dalam mengukur kinerja manajemen dan dalam penelitian ini digunakan sebagai alat untuk mengukur kinerja PT. Trisnantara Satriaperkasa Grahasejahtera. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dengan empat perspektif yang ada dalam Balanced Scorecard , dapat diketahui bahwa kinerja keuangan perusahaan berada dalam kondisi baik yang terlihat dengan adanya peningkatan ROI dan Profit margin on sales. Dari perspektif pelanggan diketahui bahwa perusahaan mampu meningkatkan jumlah pelanggannya dan memberikan layanan yang memuaskan. Dari perspektif proses bisnis internal, diketahui bahwa perusahaan telah mampu membangun proses yang mendorong tercapainya tujuan perusahaan dengan berbagai inovasi dan perbaikan dalam proses operasionalnya, serta pelayanan pasca penjualan yang optimal. Kinerja perusahaan dilihat dari perspektif pembelajaran dan pertumbuhan juga cukup baik, terlihat dengan kemampuan perusahaan dalam mencapai target dan menjaga hubungannya dengan para karyawan. Disamping itu, perusahaan juga terus melakukan berbagai pelatihan untuk meningkatkan motivasi dan kualitas karyawannya. Penelitian ini juga membuktikan adanya hubungan sebab akibat antara berbagai perspektif yang ada. Hal ini terlihat dari kenyataan bahwa baiknya kinerja keuangan ternyata merupakan perwujudan dari kepuasan konsumen yang terbentuk dari optimalnya proses bisnis internal perusahaan dan dukungan dari personel yang produktif dan berkomitmen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/349/050802144
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 Aug 2008 16:13
Last Modified: 21 Oct 2021 06:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103628
[thumbnail of 050802144.pdf]
Preview
Text
050802144.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item