Peranan Industri Kerajinan Mebel Dalam Peningkatan Nilai Tambah Perekonomian dan Penyerapan Tenaga Kerja di Kabupaten Bojonegoro ( Studi Kasus Sentra Industri Mebel di desa Sukorejo Kabupaten Bojonegoro.

HadiS, RicoSasmita (2008) Peranan Industri Kerajinan Mebel Dalam Peningkatan Nilai Tambah Perekonomian dan Penyerapan Tenaga Kerja di Kabupaten Bojonegoro ( Studi Kasus Sentra Industri Mebel di desa Sukorejo Kabupaten Bojonegoro. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Peranan Industri Skala Kecil dan Industri Skala Menengah (UKM) dalam perekonomian Indonesia cukup penting (sebagai salah satu penggerak kegiatan ekonomi di Indonesia) terutama bila ditilik dari segi jumlah unit usaha dan tenaga kerja yang diserapnya. Industri mebel merupakan salah satu industri yang pada umumnya berada pada industri skala ini. Industri mebel meskipun dengan skala usaha maupun modal yang jumlahnya relatif kecil namun untuk beberapa produk tertentu memiliki ciri khas ataupun keunikan tersendiri sehingga mampu mengalahkan produk industri besar bahkan mampu menembus pasar internasional. Dalam Penelitian ini diketahui bahwa kecenderungan hubungan antara Nilai produksi Industri Mebel terhadap Penyerapan tenaga kerja menunjukkan korelasi yang kuat dengan pola hubungan searah. Dan kecenderungan hubungan antara Nilai bahan baku kayu terhadap Nilai tambah produksi Industri Mebel menunjukkan korelasi yang cukup kuat dengan pola hubungan searah. Serta dapat diketahui juga bahwa setiap perubahan nilai tambah sebanyak 1% menimbulkan perubahan tenaga kerja sebanyak 4,11417% (elastis).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/348/050802143
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 Aug 2008 16:03
Last Modified: 21 Oct 2021 06:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103627
[thumbnail of 050802143.pdf]
Preview
Text
050802143.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item