Pengaruh bauran promosi terhadap keputusan menjadi nasabah pada PT. Bank Jatim Cabang Malang

RiskitaOktaputriningDS (2008) Pengaruh bauran promosi terhadap keputusan menjadi nasabah pada PT. Bank Jatim Cabang Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh yang signifikan dari variabel bauran promosi secara simultan dan parsial terhadap keputusan menjadi nasabah serta untuk menganalisis variabel bauran promosi yang berpengaruh dominan terhadap keputusan menjadi nasabah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory research) dengan metode survey dengan menggunakan empat variabel bebas (independent) (X) yaitu : periklanan (advertising) (X1), promosi penjualan (sales promotion) (X2), hubungan masyarakat (relationship marketing) dan publisitas (public relation) (X3), dan penjualan personal (personal selling) (X4) serta variabel terikat (dependent) yaitu keputusan menjadi nasabah (Y). Penelitian ini dilakukan di PT. Bank Jatim Cabang Malang dengan menggunakan sampel sebanyak 100 orang nasabah. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sumber data menggunakan data primer yaitu hasil kuesioner dan data sekunder yaitu profil perusahaan, struktur organisasi, jumlah nasabah, jumlah karyawan, dan sebagainya. Alat analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Alat uji analisis data menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Simultan (Uji Statistik F), Uji Parsial (Uji Statistik t),Uji Asumsi Multikolinieritas, Uji Asumsi Heteroskedastisitas, dan Uji Normalitas. Untuk mengetahui pengaruh dari setiap variabel tersebut maka digunakan alat analisis regresi berganda dan uji analisis data dengan tujuan memperkuat hasil analisis dalam penelitian ini. Dari penelitian ini diketahui bahwa masing-masing variabel bauran promosi yang terdiri dari periklanan (advertising) (X1), promosi penjualan (sales promotion) (X2), hubungan masyarakat (relationship marketing) dan publisitas (public relation) (X3), dan penjualan personal (personal selling) (X4) yang mempunyai pengaruh secara simultan terhadap keputusan menjadi nasabah (Y) dan pengaruh secara parsial terhadap keputusan menjadi nasabah (Y) adalah pada variabel hubungan masyarakat (relationship marketing) dan publisitas (public relation) (X3), dan penjualan personal (personal selling) (X4). Variabel hubungan masyarakat (relationship marketing) dan publisitas (public relation) (X3) merupakan variabel yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan menjadi nasabah pada PT. Bank Jatim Cabang Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/33/050800367
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 25 Feb 2008 10:10
Last Modified: 21 Oct 2021 06:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103609
[thumbnail of 050800367.pdf]
Preview
Text
050800367.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item