Analisis Konsep Sustainable Development dan Pengungkapan Sustainability Reporting pada Laporan Tahunan Perusahaan Go Public yang Listing di BEJ.

PutuSriAnggiIndayani (2008) Analisis Konsep Sustainable Development dan Pengungkapan Sustainability Reporting pada Laporan Tahunan Perusahaan Go Public yang Listing di BEJ. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perhatian masyarakat dunia teralihkan pada kondisi lingkungan yang semakin menurun dari waktu ke waktu. Pencemaran lingkungan dan kondisi sosial saat ini telah menjadi isu penting di berbagai belahan dunia. Gagasan Sustainable Development yang mempunyai unsur ekonomi, sosial dan lingkungan telah menjadi dasar dan pertimbangan perusahaan untuk melakukan aktivitasnya. Tujuan dari penelitian ini ialah (1) Mengetahui konsep Sustainable Development yang ada pada laporan tahunan perusahaan di Indonesia, (2) mengetahui tata cara pengungkapan konsep Sustainable Development yang terdiri dari Environmental Sustainability, Economic Sustainability , dan Sosial-Political Sustainability dalam Laporan Tahunan Perusahaan di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif, yang dilakukan dengan cara menjelaskan dan menggambarkan konsep Sustainable Development serta pengungkapannya pada laporan tahunan dari 11 perusahaan Go Public , pemenang Indonesia Sustainability Reporting Awards (ISRA) , yang listing di BEJ. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode studi kepustakaan. Indikator kinerja sebagai dasar analisis penelitian menggunakan standar pengungkapan sustainability reporting yang disarankan oleh Global Reporting Initiative. Dari hasil penelitian diketahui bahwa konsep Sustainable Development telah tercermin dalam laporan tahunan perusahaan. Perusahaan memahami bahwa dalam menjaga kelangsungan usaha perusahaan, meningkatkan kinerja ekonomi saja tidak cukup. Perusahaan juga harus memiliki tanggung jawab di bidang sosial dan lingkungan. Perusahaan telah mengungkapkan segala aktivitas yang dilakukan baik berupa kegiatan ekonomi, sosial dan lingkungan dalam laporan tahunan. Berdasarkan indikator kinerja yang menggunakan standar pengungkapan Sustainability Reporting serta disarankan oleh Global Reporting Initiative , pengungkapan tema ekonomi, sosial dan lingkungan dalam laporan tahunan hanya mencapai persentase kurang lebih 50%. Area pengungkapan tema ekonomi hampir terdapat dalam seluruh bagian laporan tahunan perusahaan. Tema ekonomi biasanya terdapat dalam ikhtisar keuangan, sambutan komisaris, dialog dan analisis manajemen, sambutan direksi serta catatan atas laporan keuangan. Tema sosial dan lingkungan diungkapkan dalam bagian feature dan biasanya mempunyai bagian tersendiri seperti Sumber Daya Manusia serta Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Tema sosial dan lingkungan juga sering ditemukan dalam sambutan komisaris dan sambutan dewan direksi. Tema ekonomi diungkapkan lebih banyak dalam bentuk kuantitatif moneter. Sementara tema sosial dan lingkungan lebih banyak diungkapkan dalam bentuk kualitatif naratif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/329/050802032
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 14 Aug 2008 14:00
Last Modified: 21 Oct 2021 06:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103608
[thumbnail of 050802032.pdf]
Preview
Text
050802032.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item