Strategi Perkreditan Yang Diterapkan Oleh Kantor Pelayanan Kas (KPK) Kanigoro Dalam Penyalurkan Kredit Dan Penyelesaian Kredit.

DwiAprihatin (2008) Strategi Perkreditan Yang Diterapkan Oleh Kantor Pelayanan Kas (KPK) Kanigoro Dalam Penyalurkan Kredit Dan Penyelesaian Kredit. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberi gambaran tentang strategi perkreditan yang diterapkan oleh Kantor Pelayanan Kas (KPK) Kanigoro sehingga mampu memberikan kontribusi terbesar dalam penyaluran kredit PT. BPR JATIM Cabang Blitar. Strategi perkreditan tersebut meliputi dua hal yaitu strategi penyaluran kredit dan strategi penyelesaian kredit. Adapun variabel penelitian yang dianalisis terkait dengan strategi penyaluran kredit meliputi strategi pembentukan segmen pasar, spesialisasi penyaluran kredit, strategi bersaing, dan strategi mempertahankan debitur yang memiliki kualitas kredit yang bagus. Sedangkan strategi penyelesaian kredit meliputi pelayanan dalam pembayaran angsuran, strategi pembinaan dan pengawasan debitur, penetapan jaminan, compensating balances , dan denda serta strategi penyelamatan kredit debitur. Untuk melakukan analisis terhadap variabel-variabel tersebut, digunakan metode analisis deskriptif. Dari hasil analisis deskriptif tersebut diperoleh kesimpulan bahwa strategi pembentukan segmen pasar oleh KPK Kanigoro didasarkan pada kepemilikan usaha dan/atau kepemilikan pendapatan tetap. Spesialisasi penyaluran kredit yang dilakukan oleh KPK Kanigoro diutamakan masyarakat menengah ke bawah dengan plafond kredit maksimal Rp 25.000.000,00. Strategi bersaing yang diterapkan oleh KPK Kanigoro adalah memberikan kemudahan dalam pemenuhan persyaratan kredit dan proses realisasi kredit yang kurang dari satu minggu kepada calon debitur. Strategi untuk mempertahankan debitur yang memiliki kualitas kredit yang bagus adalah dengan meluangkan waktu khusus untuk mengunjungi debitur. Menerapkan pola antar jemput dana dalam memberikan pelayanan kepada debitur terkait dengan pembayaran angsuran kredit. Pembinaan dan pengawasan terhadap debitur dilakukan secara aktif, yaitu dengan berkunjung langsung ke rumah atau tempat usaha debitur. Penetapan jaminan, compensating balances , dan denda merupakan strategi yang diterapkan oleh KPK Kanigoro untuk mengikat debiturnya dan mendorong debitur untuk disiplin memenuhi kewajibannya kepada bank. Sedangkan strategi penyelamatan kredit debitur yang mengalami penurunan kualitas dilakukan dengan penghimpunan informasi secara langsung, pembinaan dan penawaran penjadualan ulang kredit, serta pemberian peringatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/304/050801917
Subjects: 300 Social sciences > 332 Financial economics > 332.7 Credit
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 13 Aug 2008 15:51
Last Modified: 21 Oct 2021 05:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103584
[thumbnail of 050801917.pdf]
Preview
Text
050801917.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item