DianRahmasari (2008) Pengaruh Variabel-variabel Hubungan Masyarakat Terhadap Kepuasan Konsumen : Studi Pada Hotel Kusuma Agrowisata Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian yang menguji dan menganalisis peran karyawan garis depan dalam melaksanakan program perusahaan terhadap kepuasan konsumen di Hotel Kusuma Agrowisata Batu. Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui apakah keberadaan humas ( public relation ) berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dalam hal ini tamu hotel Kusuma Agrowisata Batu. Public relation merupakan salah satu alat untuk komunikasi perusahaan, baik yang digunakan dalam lingkungan internal perusahaan atau yang dilakukan dengan kalangan eksternal perusahaan khususnya dengan konsumennya sehingga akan diketahui apa yang diinginkan dan diharapkan dari konsumen tersebut. Terjadinya komunikasi dua arah tersebut akan menjadikan hubungan baik antara produsen dan konsumen dan nantinya akan menimbulkan peran dan akan mendorong pengambilan keputusan konsumen untuk membeli produk jasa hotel. Ada beberapa aspek yang sangat dominan diperhitungkan dalam menganalisis public relation yang terdiri dari (X1) kemampuan berkomunikasi, (X2) kemampuan mengorganisasi, (X3) kemampuan bergaul, (X4) berkepribadian dan Imajinasi (X5) dan kepuasan konsumen (Y) yang sekaligus digunakan sebagai variabel penelitian. Untuk melakukan penelitian ini menggunakan metode penelitian yang tersusun sebagai berikut, jenis penelitian yang digunakan adalah korelasional, sampel yang diteliti sebanyak 100 orang responden yang seluruhnya adalah konsumen atau tamu hotel Kusuma Agrowisata Batu, metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner, interview dan metode analisis yang digunakan adalah asumsi klasik, korelasi berganda untuk mengetahui tingkat hubungan, regresi berganda untuk mengetahui tingkat pengaruh seluruh variabel penelitian dan yang paling kuat dan dominan. Dari hasil analisis tersebut dapat diketahui bahwa besarnya hubungan yang terjadi antara X 1 sampai dengan X 5 adalah sebesar 0,661 atau sebesar 66,1%. Dengan demikian kelima variabel bebas X 1 s/d X 5 sangat diperhitungkan dalam upaya memuaskan tamu, karena hubungan yang ditimbulkan adalah besar maka setiap upaya hotel tidak lepas dari pengamatan tamu yang menginap sehingga mempengaruhi keputusannya. Sedangkan faktor yang dominan hubungan dan pengaruhnya dari kelima variabel penelitian X 5 (imajinasi) diteliti terhadap Y diketahui dengan melihat nilai regresi berganda (untuk pengaruh) memiliki nilai 0,189 (X 5 ) sehingga diketahui variabel imajinasi memiliki pengaruh yang paling tinggi. Berdasar hasil analisis yang telah dilakukan diketahui bahwa seluruh variabel penelitian (X1 s/d X5) memiliki hubungan yang kuat terhadap kepuasan tamu hotel dimana dari kelima variabel penelitian tersebut diketahui X5 (Imajinasi) memiliki pengaruh yang dominan terhadap kepuasan tamu hotel
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2008/290/050801841 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 25 Jul 2008 09:14 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 03:48 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103569 |
Text
050801841.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |