Faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa/mahasiswi dalam memilih Perguruan Tinggi Swasta : studi pada mahasiswa/mahasiswi STIE Malangkuçeçwara angkatan tahun 2006

JohanPrasetyaYudhaPramukti (2008) Faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa/mahasiswi dalam memilih Perguruan Tinggi Swasta : studi pada mahasiswa/mahasiswi STIE Malangkuçeçwara angkatan tahun 2006. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan mahasiswa/mahasiswi dalam memilih Perguruan Tinggi Swasta di Malang, yaitu STIE Malangkuçeçwara. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui faktor yang berpengaruh paling dominan terhadap keputusan mahasiswa/mahasiswi dalam memilih Perguruan Tinggi Swasta di Malang, yaitu STIE Malangkuçeçwara. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research (penelitian penjelasan) yang bertujuan untuk menjelaskan hubungan kausal sebab akibat antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dimana sampel dipilih oleh peneliti berdasarkan ciri-ciri khusus yang dimiliki oleh sampel tersebut yang dipandang mempunyai sangkut paut yang erat dengan ciri-ciri atau sifat-sifat populasi yang sudah diketahui sebelumnya. Untuk mengetahui sejauh mana instrumen penelitian ini dapat dipercaya, maka dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas, dengan menggunakan teknik analisis data yaitu regresi berganda dan uji asumsi. Variabel yang dianalisis dalam penelitian ini dibagi menjadi dua, yang terdiri dari variabel bebas (variabel X) dan variabel terikat (variabel Y). Variabel bebas dalam penelitian ini adalah faktor-faktor yang dipertimbangkan mahasiswa/mahasiswi dalam memilih Perguruan Tinggi Swasta, yaitu terdiri dari faktor psikologis, faktor bauran pemasaran serta faktor kebudayaan dan sosial. Sedangkan variabel terikat yang terdapat pada penelitian ini yaitu keputusan pemilihan Perguruan Tinggi Swasta di Malang, yaitu STIE Malangkuçeçwara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga faktor (faktor psikologis, faktor bauran pemasaran serta faktor kebudayaan dan sosial) secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan Pemilihan Perguruan Tinggi Swasta di Malang, yaitu STIE Malangkuçeçwara, dimana ketiga faktor (faktor psikologis, faktor bauran pemasaran serta faktor kebudayaan dan sosial) mempunyai Fhitung 16,775 > Ftabel 2,75 dengan signifikansi F sebesar 0,000. Secara individu, faktor yang berpengaruh secara nyata terhadap keputusan pemilihan Perguruan Tinggi Swasta di Malang, yaitu STIE Malangkuçeçwara adalah faktor kebudayaan dan sosial (F3) yang mempunyai koefisien regresi tertinggi yaitu sebesar 4,568. Sedangkan koefisien regresi faktor psikologis (F1) memiliki nilai 3,397 dan untuk faktor bauran pemasaran mempunyai koefisien regresi sebesar 2,375. Dengan demikian faktor kebudayaan dan sosial mempunyai pengaruh yang dominan terhadap keputusan pemilihan Pergururuan Tinggi Swasta di Malang, yaitu STIE Malangkuçeçwara.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/28
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 22 Feb 2008 14:26
Last Modified: 21 Oct 2021 03:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103558
[thumbnail of 050800362.pdf]
Preview
Text
050800362.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item