Membangun Strategi Bagi Asosiasi Petani Garam Bahan Baku (ASPEGAB) Dalam Menjaga Stabilitas Harga Dan Optimalisasi Daya Serap Garam Rakyat : Suatu Studi Strategi Pada Asosiasi Petani Garam Bahan Baku (ASPEGAB) Di Kabupaten Pamekasan.

FauzatunMaghfiroh (2008) Membangun Strategi Bagi Asosiasi Petani Garam Bahan Baku (ASPEGAB) Dalam Menjaga Stabilitas Harga Dan Optimalisasi Daya Serap Garam Rakyat : Suatu Studi Strategi Pada Asosiasi Petani Garam Bahan Baku (ASPEGAB) Di Kabupaten Pamekasan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Asosiasi Petani Garam Bahan Baku (ASPEGAB) merupakan representasi petani garam di Kabupaten Pamekasan, yang bertugas merumuskan pokok-pokok kebijakan penanganan tata niaga garam rakyat dan strategi stabilitas harga dan optimalisasi daya serap garam rakyat. Setelah diimplementasikan pokok-pokok kebijakan dan strategi dimaksud ternyata harga garam dan daya serap naik secara bertahap hingga harga jauh berada di atas biaya produksi dan daya serap mencapai 90 %. Namun harga masih fluktuatif belum maksimal sepanjang musim. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif dengan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara mendalam, dokumentasi, observasi, dan angket. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yaitu model interaktif. Selain itu penelitian ini juga menggunakan analisis SWOT, IE, BCG, Grand Strategy, dan QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Strategi yang dilakukan ASPEGAB dalam rangka stabilitas harga dan optimalisasi daya serap garam rakyat selama ini adalah mengacu pada manajemen strategi John A. Pearce dan Richard B. Robbinson, sedangkan strateginya mengacu pada teori Fred R. David yaitu strategi intensif ( Intensive Strategy). Dan untuk menghadapi pasar bebas, strategi ASPEGAB fokus kepada pengembangan produk dengan meningkatkan kualitas dan kualitas produksi serta efisiensi biaya produksi agar mampu bersaing dengan garam impor.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/263/050801718
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 24 Jul 2008 09:10
Last Modified: 21 Oct 2021 03:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103544
[thumbnail of 050801718.pdf]
Preview
Text
050801718.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item