Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Oli Mesin Sepeda Motor Merek Top 1 : Studi Pada Mahasiswa Strata-1 Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang.

NugrohoHadiWinanto (2008) Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Oli Mesin Sepeda Motor Merek Top 1 : Studi Pada Mahasiswa Strata-1 Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan dunia bisnis otomotif khususnya sepeda motor di Indonesia semakin pesat. Bertambahnya jumlah sepeda motor cenderung berbanding lurus dengan permintaan terhadap oli mesin sepeda motor, karena oli mesin merupakan unsur yang mutlak untuk sepeda motor. Untuk menggunakan sepeda motor diperlukan oli mesin sepeda motor yang berfungsi sebagi pelumas mesin sepeda motor. Agar perusahaan sukses dalam menjual produk dan memenangkan persaingan, maka perusahaan harus menerapkan strategi-strategi pemasaran yang jitu dan menciptakan keungulan bersaing. Untuk menciptakan strategi pemasaran yang tepat perusahaan perlu mempelajari perilaku konsumen sehingga perusahaan akan mengetahui dan memahami faktor-faktor atribut produk apa saja yang mempengaruhi keputusan mereka dalam melakukan pembelian. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian survei yang bersifat penjelasan ( explanatory ). Populasi yang dipilih adalah Mahasiswa strata-1 jurusan manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang dengan jumlah sampel 120 responden, Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, variabel merek, mutu/ kualitas ,harga, label dan kemasan secara simultan (bersama-sama) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian oli mesin sepeda motor merek Top 1. Hal ini ditunjukan dengan nilai F hitung >F tabel (46,249>2,294) dan nilai Sig F<5% (0,000<0,05). Secara parsial variabel merek, harga, mutu/ kualitas dan kemasan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y), sedangkan variabel label tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Variabel mutu merupakan variable yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian oli mesin sepeda motor merek Top 1, hal ini ditunjukan dengan nilai koefisien Standardized beta paling besar yaitu 0,376.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/228/050801535
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Jul 2008 08:53
Last Modified: 20 Oct 2021 11:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103509
[thumbnail of 050801535.pdf]
Preview
Text
050801535.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item