Analisis Pengaruh Kondisi Keuangan Perusahaan, Opini Audit Tahun Sebelumnya, Debt Default, Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Penerimaan Opini Audit Going Concern (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 20

DiannitaAryPrasanti (2008) Analisis Pengaruh Kondisi Keuangan Perusahaan, Opini Audit Tahun Sebelumnya, Debt Default, Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Penerimaan Opini Audit Going Concern (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 20. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kelangsungan hidup perusahaan merupakan hal yang menjadi perhatian utama para pemilik kepentingan. Saat ini tanggung jawab auditor tidak hanya mengevaluasi laporan keuangan auditee tetapi juga mengevaluasi kemampuan auditee dalam mempertahankan kelangsungan hidupnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji hubungan antara kondisi keuangan perusahaan, opini audit tahun sebelumnya, debt default , serta pertumbuhan perusahaan terhadap kemungkinan penerimaan opini audit going concern . Penelitian ini menggunakan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) antara tahun 2004-2006. Ada 186 perusahaan maufaktur yang dijadikan sampel. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah regresi logitik. Sampel dalam penelitian ini dikategorikan dalam dua kelompok yaitu kelompok auditee yang menerima opini audit going concern dan kelompok auditee yang menerima opini audit non going concern . Hasil pengujian membuktikan bahwa hanya kondisi opini audit tahun sebelumnya yang memiliki pengaruh yang signifikan terhadap opini audit going concern . Di sisi lain, kondisi keuangan, debt default dan pertumbuhan perusahaan tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap opini audit going concern .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/214/050801447
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Jul 2008 08:24
Last Modified: 20 Oct 2021 11:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103497
[thumbnail of 050801447.pdf]
Preview
Text
050801447.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item