Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Nasabah dalam Memilih PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Kediri.

MahardinaAgustin (2008) Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Nasabah dalam Memilih PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Kediri. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi persaingan perbankan yang semakin ketat yang menuntut setiap perusahaan memiliki keunggulan bersaing agar dapat bertahan dalam dunia perbankan. Salah satu strategi perusahaan adalah melalui penerapan bauran pemasaran jasa yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran jasa yang terdiri dari produk, harga, lokasi, promosi, penyedia jasa, proses dan bukti fisik terhadap keputusan nasabah memilih jasa perbankan, serta untuk mengetahui dan menganalisis variabel bauran pemasaran jasa yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan nasabah dalam memilih jasa perbankan pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Kediri. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research, yang digunakan untuk menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesa. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah aktif PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Kediri, yaitu sebanyak 50.553 nasabah, teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dan sampel yang diambil sebanyak 100 nasabah. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda diketahui bahwa variabel produk, harga, lokasi, promosi, penyedia jasa, proses, dan bukti fisik berpengaruh secara simultan terhadap keputusan nasabah dalam memilih jasa perbankan. Dapat diketahui juga bahwa variabel yang dominan berpengaruh terhadap keputusan nasabah dalam memilih jasa perbannkan adalah proses. Dari hasil penelitian perusahaan lebih meningkatkan daya saing dengan melakukan pengembangan produk, penetapan suku bunga yang bersaing, promosi yang tepat, pemilihan lokasi yang tepat, meningkatkan kualitas pelayanan, peningkatan sarana pendukung. Karena variabel proses merupakan variabel yang berpengaruh dominan maka perusahaan perlu merancang proses transaksi yang cepat dan sederhana untuk memudahkan nasabah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/189/050801325
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 08 May 2008 13:30
Last Modified: 20 Oct 2021 11:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103471
[thumbnail of 050801325.pdf]
Preview
Text
050801325.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item