YeniMasruroh (2008) Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Memilih Club House Istana Dieng Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Persaingan bisnis dibidang jasa, khususnya bidang hiburan dan Olahraga, akan terus mengalami perubahan seiring dengan perubahan pola pikir konsumen yang dinamis. Konsumen saat ini tidak hanya memandang produk dari manfaat inti yang ditawarkan guna memenuhi kebutuhan mereka, tapi mereka akan lebih melihat produk seperti apa yang diinginkannya. Karena atribut pendukung manfaat inti yang ditawarkan antara perusahaan satu dengan yang lainnya berbeda-beda. Maka disinilah pentingnya bagaimana suatu perusahaan menciptakan suatu produk yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Dengan memperhatikan kebutuhan dan keinginan konsumen, perusahaan dapat memenangkan persaingan pasar, salah satunya adalah dengan cara menyusun program bauran pemasaran secara efektif. Penelitian ini dilaksanakan di Club House Istana Dieng Malang yang merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang jasa hiburan. Jenis penelitian ini adalah Explanatory Research, yaitu Penelitian yang menjabarkan hubungan antara variabel-variabel penelitian dan menguji hipotesa yang telah dirumuskan sebelumnya. Riset yang dilakukan adalah survey, untuk melihat pengaruh variabel independen (bauran pemasaran jasa yang terdiri: produk, harga, lokasi, promosi, orang/penyedia jasa, proses, dan bukti fisik) terhadap variabel dependen (keputusan konsumen memilih Club House Istana Dieng Malang). Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh variabel bauran pemasaran terhadap keputusan konsumen memilih Club House IStana Dieng. Dalam mengukur keputusan konsumen dalam memilih Club House IStana Dieng disini digunakan kuisioner yang berisikan setuju atau tidaknya konsumen terhadap komponen-komponen variabel bauran pemasaran yang ada. 96 (delapan puluh lima) responden dari pengunjung Club House Istana Dieng dipilih dengan menggunakan metode accidental sampling. Selanjutnya data tersebut diolah dengan menggunakan metode regresi linier berganda melalui program SPSS 13,0. menggunakan uji F, uji t, dan koefisien korelasi untuk menjawab hipotesis. Disamping itu juga dilakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi normalitas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas guna mendapatkan hasil yang tidak bias. Dari hasil analisis regresi linier berganda, diperoleh bahwa seluruh variabel bauran pemasaran yang ada secara simultan dan parsial berpengaruh terhadap keputusan konsumen memilih Club House Istana Dieng Malang, dan variabel lokasi merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh dibanding dengan variabel lainnya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2008/145/050801111 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 10 Apr 2008 11:14 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 11:17 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103425 |
Text
050801111.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |