Pengaruh kualitas produk terhadap BRAND SWITCHING konsumen pada pengguna kartu operator seluler XL : Studi pada pengguna kartu operator seluler XL di Kota Malang.

DanangCaturJunawan (2008) Pengaruh kualitas produk terhadap BRAND SWITCHING konsumen pada pengguna kartu operator seluler XL : Studi pada pengguna kartu operator seluler XL di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pertumbuhan komunikasi yang semakin meningkat mendorong masyarakat untuk melakukan perubahan dalam berkomunikasi antar sesamanya. Dengan adanya kebutuhan masyarakat tersebut, maka masyarakat akan menentukan sarana yang akan digunakan dalam memenuhi kebutuhannya. Dalam kondisi demikian menimbulkan tingkat persaingan yang semakin ketat antara perusahaan-perusahaan dalam mengembangkan usahanya. Kualitas produk memiliki kontribusi yang sangat besar dalam menentukan apakah produk tersebut dapat diterima di masyarakat. Dalam penelitian ini obyek yang dipilih adalah kartu operator seluler XL. Perusahaan XL merupakan perusahaan penyedia jasa komunikasi untuk telepon seluler berbasis GSM. Perusahaan XL memenuhi kebutuhan komunikasi seluruh mesyarakat Indonesia. Dalam menjaring pelanggannya XL memberikan kualitas produknya yang terbaik dan selalu meningkatkan kualitas produk sehingga masyarakat tetap memilih XL untuk memenihi kebutuhan komunikasinya. Berdasarkan tujuan penelitian yang telah ditetapkan dan hipotesis yang hendak diuji, maka jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatori dengan pendekatan survey, yaitu untuk mengetahui hubungan dan pengaruh antar variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y). variable bebas yang digunakan ialah Variabel Performance (X1), Feature (X2), Conformance (X3), Reliability (X4), Durability (X5), Serviceability (X6), perceived quality (X7), dan apparance (X8) yang merupakan variabel dari kualitas produk. Sedangkan ariabel terikatnya (Y) ialah Brand Switching konsumen. Teknik pengambilan sampel dalm penelitian ini ialah simple random sampling, yaitu masing-masing elemen populasi mempunyai kemungkinan yang sama untuk dipilih sampel. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menyatakan bahwa Brand Switching konsumen(Y) dipengaruhi sebesar 28.4% oleh penelitian ini. Sedangkan 71.6% dijelaskan oleh variable lain. Diketahui variabel yang dominan iallah variabel Durability(X5) dapat dilihat dari nilai koefisian Beta untuk variabel Performance (X1) sebesar 0,253 , Feature (X2) sebesar -0,004, Conformance (X3) sebesar -0,195, Reliability (X4) sebesar 0,005 Durability (X5) sebesar 0,280 , Serviceability (X6) sebesar 0,200, perceived quality (X7) -0,220, dan apparance (X8) sebesar 0,261. Berdasarkan kriteria tersebut variabel Durability mempunyai nilai terbesar yaitu 0,280.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/129/050801052
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 10 Apr 2008 09:15
Last Modified: 20 Oct 2021 11:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103410
[thumbnail of 050801052.pdf]
Preview
Text
050801052.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item