Pengaruh Dimensi Kualitas Nilai Berita Menurut Pandangan Modern Terhadap Kepuasan Konsumen Surat Kabar Jawa Pos Radar Malang : Studi kasus pada Mahasiswa Perguruan Tinggi di Malang yang menjadi Konsu

WafriNugrahaPradana (2008) Pengaruh Dimensi Kualitas Nilai Berita Menurut Pandangan Modern Terhadap Kepuasan Konsumen Surat Kabar Jawa Pos Radar Malang : Studi kasus pada Mahasiswa Perguruan Tinggi di Malang yang menjadi Konsu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dimensi kualitas nilai berita menurut pandangan modern terhadap kepuasan konsumen surat kabar Jawa Pos Radar Malang dan variabel manakah yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan konsumen surat kabar Jawa Pos Radar Malang. Adapun variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah Timeliness (X1), Proximity (X2), Prominence (X3), Consequence (X4), Human Interest (X5). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Perguruan Tinggi di Malang yang menjadi konsumen surat kabar Jawa Pos Radar Malang. Teknik pengambilan sampel adalah dengan cara non-probability sampling yaitu dengan menggunakan purposive sampling dimana pengambilan sampel dengan cara mengambil subjek bukan didasarkan atas strata, random, maupun daerah, namun didasarkan atas tujuan tertentu. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan uji asumsi klasik dan regresi berganda. Uji asumsi klasik digunakan untuk memperoleh nilai perkiraan yang tidak bias dan efisien dari model persamaan regresi berganda, sehingga layak untuk digunakan. Sedangkan uji regresi berganda berfungsi untuk mengetahui besarnya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Uji ini terdiri dari uji F, yakni untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat secara simultan (serempak), dan uji T untuk mengetahui variabel bebas yang berpengaruh secara parsial sekaligus mengetahui variabel yang berpengaruh dominan terhadap variabel terikat. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan regresi berganda, diketahui bahwa 40,3% kepuasan konsumen (Y) dipengaruhi oleh dimensi kualitas nilai berita (X), sedangkan sisanya 56% dipengaruhi oleh variabel lain. Diketahui pula bahwa variabel Timeliness (X1), variabel Proximity (X2), variabel Prominence (X3), variabel Consequence (X4), variabel Human Interest (X5), secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen (Y). Variabel Timeliness (X1) merupakan variabel yang dominan mempengaruhi kepuasan konsumen (Y), dapat diketahui dari hasil uji T bahwa variabel Timeliness (X1) memiliki nilai terbesar dibanding variabel lainnya yaitu sebesar 3,327.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/112/050800921
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 26 Mar 2008 16:24
Last Modified: 20 Oct 2021 11:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103391
[thumbnail of 050800921.pdf] Text
050800921.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item