Pengaruh Dosis Ekstrak Kasar Kemangi (Ocimum Basilicum) Dan Lama Waktu Perendaman Yang Berbeda Dalam Proses Anestesi Terhadap Kelulushidupan Benih Ikan Koi (Cyprinus Carpio)

Sa’diyah., Halimatus (2018) Pengaruh Dosis Ekstrak Kasar Kemangi (Ocimum Basilicum) Dan Lama Waktu Perendaman Yang Berbeda Dalam Proses Anestesi Terhadap Kelulushidupan Benih Ikan Koi (Cyprinus Carpio). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Anestesi adalah metode yang banyak digunakan dalam transportasi ikan dengan tujuan mempertahankan tingkat kemampuan hidup melalui perlambatan metabolisme tubuhnya. Senyawa anestesi dapat mempengaruhi keseimbangan di dalam otak dan mengganggu sistem syaraf akibat interaksinya dengan sel darah merah yang menyebabkan hemolisis sel sehingga berkurangnya jumlah oksigen yang berperan sebagai sumber energi pada aktivitas sel. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dosis ekstrak kemangi (Ocimum basilicum) dan lama waktu perendaman yang berbeda dalam proses anestesi terhadap kelulushidupan benih ikan koi (Cyprinus carpio). Penelitian ini dilaksanakan di Unit Pelaksanaan Teknis perikanan air tawar Sumber Pasir, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Brawijaya, Malang pada tanggal 8 Ferbruari 2018- 22 Februari 2018. Metode dari penelitian ini adalah eksperimen menggunakan RAL faktorial dengan 2 faktor yaitu dosis ekstrak kemangi yang berbeda (123 gr, 148 gr dan 173 gr) dan lama waktu perendaman yang beerbeda (10 menit, 20 menit, 30 menit), masing- masing perlakuan diulang sebanyak 3 kali. Parameter utama yaitu waktu sadar, kelulushidupan setelan anestesi dan kelulushidupan setelah pemeliharaan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini perlakuan terbaik pada kelulushidupan setelah anestesi adalah perlakuan Aa dengan dosis 123 gram dan lama waktu perendaman 10 menit menghasilkan 100%. vi Hasil perlakuan terbaik pada kelulushidupan setelah pemeliharaan adalah perlakuan Ab dengan dosis 123 gram dan lama waktu perendaman 20 menit menghasilkan kelulushidpan sebesar 97.667 %.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2018/114/051803353
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.3 Culture of cold-blooded vertebrates > 639.34 Fish culture in aquariums
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 07 May 2018 08:27
Last Modified: 24 Oct 2021 05:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10339
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (353kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (355kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (269kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (344kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (889kB) | Preview
[thumbnail of GLOSARIUM.pdf]
Preview
Text
GLOSARIUM.pdf

Download (84kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item