Penerapan Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA) untuk mengukur kinerja keuangan pada PT. Bank Permata, Tbk.

RatnaWijayati (2008) Penerapan Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA) untuk mengukur kinerja keuangan pada PT. Bank Permata, Tbk. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam persaingan yang ketat perusahaan dituntut selalu mengembangkan strateginya guna mempertahankan eksistensinya. Penggabungan usaha dalam bentuk merger merupakan bentuk ekspansi eksternal yang banyak dilakukan. Banyak penelitian untuk menyelidiki pengaruh Merger dan akuisisi terhadap keuangan perusahaan, namun hasilnya tidak selalu konsisten. Beberapa peneliti menemukan pengaruh positif namun namun lainnya menemukan hasil negatif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh merger terhadap kinerja keuangan perusahaan setelah melakukan merger. Masalah penelitian ini adalah ada tidaknya perbedaan signifikan kinerja keuangan karena keputusan merger yang diukur dengan Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA). Penelitian menggunakan periode pembanding tahun-tahun setelah merger PT. Bank Permata. Data diperoleh dengan metode dokumentasi dan studi pustaka. Hasil perhitungan diuji menggunakan Wilcoxon’s Signed Rank Test untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan signifikan kinerja keuangan yang ditunjukan dengan nilai EVA dan MVA. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan signifikan terhadap kinerja keuangan Bank Permata apabila menggunakan EVA maupun MVA. Peningkatan EVA dan MVA Bank Permata menunjukkan perusahaan telah berhasil mewujudkan tujuan ekonomi merger.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/100/050800774
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 18 Mar 2008 10:25
Last Modified: 20 Oct 2021 11:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103378
[thumbnail of 050800774.pdf]
Preview
Text
050800774.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item