Pengaruh Leverage, Size, Likuiditas Serta Proporsi Kepemilikan Saham Publik Terhadap Luas Pengungkapan Sukarela Dalam Laporan Tahunan Perusahaan Manufaktur Yang Listing di Bursa Efek Jakarta.

MarinaDiantika (2007) Pengaruh Leverage, Size, Likuiditas Serta Proporsi Kepemilikan Saham Publik Terhadap Luas Pengungkapan Sukarela Dalam Laporan Tahunan Perusahaan Manufaktur Yang Listing di Bursa Efek Jakarta. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh antara tingkat leverage, ukuran perusahan (size), tingkat likuiditas dan proporsi kepemilikan saham publik dengan tingkat kelengkapan pengungkapan sukarela laporan tahunan. Penelitian tentang hal ini akan memberikan tambahan informasi bagi pemakai laporan tahunan yang menjadikan laporan tahunan sebagai sumber utama dalam pengambilan keputusan, agar mereka lebih bijaksana dalam membuat keputusan. Sebanyak 88 laporan tahunan perusahaan yang terdaftar di BEJ tahun 2004 dan 2005 terpilih sebagai sampel dalam penelitian ini. Sampel dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Daftar item pengungkapan yang digunakan dalam penelitian ini dikembangkan oleh Susanto, Meek, dkk, Choi dan Mueller dalam Bambang Suripto (1999) dan telah disesuaikan dengan peraturan BAPEPAM Nomor VIII.6.7 tentang Pedoman Penyajian laporan keuangan dalam SK Bapepam No.Kep-06/PM/2000. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing-masing tingkat leverage , likuiditas, dan proporsi kepemilikan saham oleh publik tidak memiliki pengaruh yang signifikan dengan tingkat pengungkapan sukarela laporan tahunan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka hipotesis pertama, ketiga dan keempat ditolak. Kemudian dari hasil statistik hipotesis kedua, diperoleh bahwa hipotesis tentang pengaruh ukuran perusahaan (size) terhadap tingkat kelengkapan pengungkapan sukarela laporan tahunan ini menunjukkkan hasil yang signifikan dengan tingkat pengungkapan sukarela laporan tahunan. Sehingga hipotesis kedua yang diuji dalam penelitian ini dinyatakan diterima. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian di atas yaitu bahwa leverage , likuiditas dan proporsi kepemilikan saham oleh publik bukan merupakan faktor dominan yang dijadikan pertimbangan manajemen dalam memberikan informasi secara sukarela dalam laporan tahunan. Masih banyak faktor–faktor lain yang dijadikan pertimbangan oleh manajemen dalam menentukan informasi apa saja yang akan diungkapkan kepada pihak luar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2007/530/050800056
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Jan 2008 10:01
Last Modified: 20 Oct 2021 10:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103311
[thumbnail of 050800056.pdf]
Preview
Text
050800056.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item