KrisPriatmoko (2007) Analisis Strategi Pada Hoka – Hoka Bento Japanese Fast Food Restaurant Surabaya Dalam Menghadapi Persaingan dan Perubahan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lingkungan internal dan eksternal, menganalisis alternatif strategi untuk menetapkan strategi yang tepat, dan membandingkan strategi yang dimiliki dengan strategi yang dirumuskan berdasarkan analisa lingkungan pada Hoka – Hoka Bento Japanese Fast Food Restaurant Surabaya. Berdasarkan analisa lingkungan dilakukan perumusan strategi melalui tiga tahapan yaitu: 1. Input Stage, 2. Matching Stage dan 3. Decision Stage. Pada tahap pertama yaitu Input Stage, terdiri dari Matrik EFE dan IFE yang menjadi input utama 2 tahapan selanjutnya. Pada tahap kedua yaitu Matching Stage, terdiri dari Matrik TOWS, Matrik Internal Eksternal dan Matrik Grand Strategy yang nantinya akan menghasilkan berbagai alternatif strategi yang dapat digunakan oleh perusahaan. Pemilihan terhadap alternatif strategi terjadi pada tahap ketiga yaitu Decision Stage, yang menggunakan Matrik QSPM sebagai alat bantunya. Hasil Matrik EFE sebesar 3,1 menunjukkan bahwa perusahaan telah cukup baik dalam mengambil keuntungan dari peluang dan berhasil menghindari dampak dari ancaman yang ada. Adapun dari lingkungan internal, hasil Matrik IFE sebesar 2,4 menunjukkan keadaan internal mendekati baik. Hasil analisis SWOT menunjukkan posisi perusahaan pada sel 1 (strategi agresif), alternatif strategi yang dapat digunakan ialah strategi SO. Sedangkan berdasar hasil analisis pada matriks I.E, Hoka – Hoka Bento Japanese Fast Food Restaurant Surabaya berada pada posisi Sel II. Perusahaan yang berada pada posisi sel II mempunyai alternatif strategi Penetrasi Pasar, Pengembangan Pasar, dan Pengembangan Produk. Adapun alternatif strategi yang ditawarkan oleh hasil analisis Matrik Grand Strategy adalah Pertumbuhan Terkosentrasi, Pengembangan Produk, Pengembangan Pasar dan Inovasi. Hasil Matrik QSPM menghasilkan pilihan terbaik pada strategi Penetrasi Pasar. Pelaksanaan strategi Penetrasi Pasar dengan baik akan semakin meningkatkan market share dari Hoka – Hoka Bento Japanese Fast Food Restaurant Surabaya. Akan tetapi dari hasil penelitian, berdasarkan analisa pada proses bauran pemasaran jasa yang dilakukan oleh Hoka – Hoka Bento Japanese Fast Food Restaurant Surabaya, strategi Penetrasi Pasar yang dilaksanakan perusahaan masih belum maksimal. Hal tersebut terutama pada segi produk, promosi, dan bukti fisik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2007/527/050800046 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 22 Jan 2008 10:18 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 10:37 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103308 |
Text
050800046.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |