Analisis Pengaruh Pembiayaan Mudharabah, Musyarakah dan Murabahah Terhadap Tingkat Laba Bank Syariah Mandiri dan Bank Muamalat

EliaWijayanti (2007) Analisis Pengaruh Pembiayaan Mudharabah, Musyarakah dan Murabahah Terhadap Tingkat Laba Bank Syariah Mandiri dan Bank Muamalat. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan perbankan syariah yang sangat cepat dalam tiga tahun belakangan ini ditandai dengan peningkatan penyaluran pembiayaan. Pembiayaan menjadi sangat penting karena faktor pembiayaan inilah yang menjadi kunci perkembangan bank syariah di masa datang. Idealnya pembiayaan bank syariah didominasi oleh akad mudharabah, musyarakah dan murabahah. Dengan analisis menggunakan uji korelasi dan regresi penulis ingin membahas pengaruh pembiayaan mudharabah, musyarakah dan murabahah terhadap tingkat laba. Adapun objek penelitiannya adalah Bank Syariah Mandiri dan Bank Muamalat dari September 2004 – Februari 2007. Dari uji regresi tersebut terlihat bahwa pembiayaan mudharabah, musyarakah dan murabahah secara parsial maupun simultan berpengaruh signifikan terhadap tingkat laba. Pembiayaan yang berpengaruh paling signifikan adalah pembiayaan mudharabah dan pembiayaan musyarakah. Pada Bank Syariah Mandiri yang berpengaruh terhadap laba adalah pembiayaan musyarakah, sedangkan pada Bank Muamalat yang berpengaruh signifikan terhadap laba adalah pembiayaan mudharabah. Dengan demikian diharapkan perbankan syariah di Indonesia lebih mensosialisasikan produk-produk pembiayaan berbasis bagi hasil, meskipun memiliki resiko yang lebih tinggi dibandingkan produk jual beli tetapi memiliki potensi yang menjanjikan untuk dikembangkan di masa mendatang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2007/522/050800033
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 16 Jan 2008 09:51
Last Modified: 20 Oct 2021 10:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103303
[thumbnail of 050800033.pdf]
Preview
Text
050800033.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item