Analisis Pengaruh Pertumbuhan Sektor Pertanian dan Non Pertanian terhadap Penyerapan Tenaga Kerja di Jawa Timur : studi kasus tahun 2000-2005

ZakiArief (2007) Analisis Pengaruh Pertumbuhan Sektor Pertanian dan Non Pertanian terhadap Penyerapan Tenaga Kerja di Jawa Timur : studi kasus tahun 2000-2005. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pertumbuhan sektor pertanian dan non pertanian terhadap penyerapan tenaga kerja di Propinsi Jawa Timur. Selain itu, tujuan lain ingin di capai adalah untuk mengetahui variabel manakah yang memiliki pengaruh dominan terhadap menyerap tenaga kerja. Untuk membuktikan bahwa telah terjadi perubahan struktural dan penyerapannya maka digunakan analisis regresi berganda. Dari hasil menggunakan analisis regresi berganda diketahui bahwa hanya ada dua variabel yang berpengaruh signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja yaitu pertumbuhan sektor Industri Pengolahan dan pertumbuhan Penduduk. Sedangkan untuk variabel pertumbuhan sektor pertanian, pertumbuhan sektor perdagangan, hotel dan restoran dan pertumbuhan jasa tidak berpengaruh secara signifikan. Variabel Pertumbuhan Sektor Industri pengolahan berpengaruh postif signifikan yang berarti bertambahnya setiap satu persen pertumbuhan sektor industri pengolahan, akan mengakibatkan bertambahnya penyerapan tenaga kerja sbesar 3.918 tenaga kerja. Hal ini menunjukkan bahwa sektor industri pengolahan mampu menyerap tenaga kerja cukup besar. Selain itu memberikan indikasi secara perlahan telah terjadi pergeseran struktur perekonomian dan pegeseran tenaga kerja dari sektor pertanian ke sektor industri pengolahan. Sebagai akibat tekanan krisis ekonomi pada sektor tersebut disatu sisi dan disisi lainnya adalah cepat bangkitnya sektor industri pengolahan dari krisis ekonomi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2007/520/050800022
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 16 Jan 2008 14:19
Last Modified: 20 Oct 2021 10:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103301
[thumbnail of 050800022.pdf]
Preview
Text
050800022.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item