Analisis Perbedaan Rasio Likuiditas dan Rasio Profitabilitas sebagai Alat Ukur Kinerja Keuangan antara Bank Konvensional dan Bank Syariah

FerryPuspitaningrum (2007) Analisis Perbedaan Rasio Likuiditas dan Rasio Profitabilitas sebagai Alat Ukur Kinerja Keuangan antara Bank Konvensional dan Bank Syariah. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi likuiditas dan profitabilitas bank konvensional dan bank syariah. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan pada kondisi likuiditas dan profitabilitas antara bank konvensional dan bank syariah. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini ialah laporan keuangan bank tahun 2004-2006. Data penelitian merupakan data sekunder dari Perpustakaan Bank Indonesia, meliputi Bank Muamalat Indonesia, Bank Syariah Mandiri, Bank NISP, dan Bank Panin. Analisa data dilakukan dengan menghitung rasio keuangan masing-masing bank kemudian membandingkan kenerja keuangannya. Langkah selanjutnya ialah pengujian hipotesis dengan alat uji statistik non-parametrik berupa uji Mann-Whitney. Hasil yang diperoleh adalah bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada rasio likuiditas kelompok bank konvensional dan bank syariah. Perbedaan tersebut terdapat pada quick ratio dan loan deposit ratio. Sedangkan pada rasio profitabilitas kedua kelompok bank ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa banyaknya dana liquid yang tersedia di bank syariah bukan berarti akan meningkatkan pendapatan bank syariah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2007/508/050703314
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 27 Dec 2007 12:56
Last Modified: 20 Oct 2021 10:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103288
[thumbnail of 050703314.pdf]
Preview
Text
050703314.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item