Pengaruh Penayangan Iklan Di Televisi Terhadap Sikap Mahasiswa Dalam Mengambil Keputusan Pembelian Sabun Pembersih Muka BIORE : Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang.

SyamsulArifin (2007) Pengaruh Penayangan Iklan Di Televisi Terhadap Sikap Mahasiswa Dalam Mengambil Keputusan Pembelian Sabun Pembersih Muka BIORE : Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sikap merupakan hasil dari faktor genetic dan proses belajar dan selalu berhubungan dengan satu obyek atau produk yang di hadapi. Jadi sikap konsumen terhadap suatu merek yaitu mempelajari kecenderungan konsumen untuk mengevaluasi merek baik disenangi maupun tidak disenangi secara konsisten. Dengan demikian, konsumen mengevaluasi merek tertentu secara keseluruhan dari yang paling jelek sampai yang paling baik. Sikap dapat diciptakan atau dapat dipengaruhi oleh iklan yang menyokong terhadap suatu produk mungkin sering bergantung pada sikap konsumen terhadap iklan itu sendiri. Iklan yang disukai atau dievaluasi secara menguntungkan dapat menghasilkan sikap yang lebih positif terhadap produk. Iklan yang tidak disukai mungkin menurunkan evaluasi produk terhadap konsumen. Penelitian memperlihatkan secara berulang-ulang bahwa sikap terhadap suatu iklan berfungsi sebagai peramal yang signifikan atas sikap terhadap produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah variabel pesan iklan di televisi seperti isi pesan, struktur pesan, format pesan, dan sumber pesan berpengaruh terhadap sikap mahasiswa dalam proses pengambilan keputusan pembelian sabun pembersih muka BIORE. Penelitian ini menggunakan data primer dan skunder dengan mengambil lokasi penelitian di Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner, wawancara, dan studi pustaka. Populasi penelitian ini mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang yang memakai sabun pembersih muka BIORE. Sedangkan sampelnya sebanyak 97 responden. Penelitian ini meneliti variabel independen yaitu isi pesan (X1), struktur pesan (X2), format pesan (X3), dan sumber pesan (X4) berpengaruh terhadap variabel dependen yaitu sikap mahsiswa (Y). Untuk mengetahui pengaruh dari setiap variabel pesan iklan tersebut penulis menggunakan uji regresi linier berganda dan uji-uji yang lain untuk memperkuat hasil analisis penelitian ini. Dari penelitian ini diketahui bahwa masing-masing variabel yang terdiri dari variabel isi pesan (X1), struktur pesan (X2), format pesan (X3), dan sumber pesan (X4) yang mempunyai pengaruh secara simultan maupun parsial terhadap sikap mahasiswa (Y) dalam proses pengambilan keputusan pembelian produk sabun pembersih muka BIORE.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2007/363/050702351
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 07 Sep 2007 00:00
Last Modified: 20 Oct 2021 10:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103204
[thumbnail of 050702351.pdf] Text
050702351.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item