Strategi Marketing Public Relations Museum Angkut+ Movie Star Studio dalam Mempertahankan Corporate Image

Muttaqin, Subhan (2017) Strategi Marketing Public Relations Museum Angkut+ Movie Star Studio dalam Mempertahankan Corporate Image. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Museum Angkut+ Movie Star Studio merupakan sebuah lembaga museum dengan koleksi alat angkut yang saat ini terbesar dan terlengkap di Indonesia dan Asia. Museum Angkut+ Movie Star Studio berhasil mengubah pandangan masyarakat terhadap museum yang membosankan menjadi menyenangkan. Keberhasilan Museum Angkut+ Movie Star Studio ini tidak lepas dari upaya departemen marketingyang menjalankan fungsi marketing public relations. Penelitian ini mendeskripsikan dan menganalisis strategi marketing public relations yang diterapkan Museum Angkut+ Movie Star Studio dalam Mempertahankan corporate image. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan data yang diperoleh dari hasil wawancara terstruktur, observasi non partisipan dan diperkuat dengan dokumentasi sebagai dukungan data. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data filling system dengan penggunaan teknik keabsahan data triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan strategi marketing public relations Museum Angkut+ Movie Star Studio yang dijalankan oleh departemen marketing dalam mempertahankan corporate image dengan melakukan tugas marketing public relations yaitu Image PR dan Routine PR dengan sangat baik. Selain itu Museum Angkut+ Movie Star Studio juga sudah menerapkan strategi terbentuknya citra dengan benar mulai dari segi Exposure, Attention, Comprehensive, Image dan Behavior. Kekurangan dari upaya Aktivitas marketing public relations yang dilakukan bagian Marketing Museum Angkut+ Movie Star Studio masih belum menerapkan salah satu tugas marketing public relations yaitu Crisis PR. Pada penelitian ini terdapat kekurangan dalam penelitian ini yaitu dari keterbatasan waktu yang dimiliki oleh peneliti dan kebijakan perusahaan yang membatasi penyebaran data perusahaan sehingga membuat data yang didapatkan dalam penelitian ini masih kurang mendalam. Maka dari itu, saran dari peneliti adalah untuk penelitian selanjutnya yang serupa diharapkan dapat-menganalisa lebih mendalam_mengenai strategi marketing public relations-pada sebuah museum dalam Mempertahankan corporate image-ataupun meningkatkan corporate image.

English Abstract

Museum Angkut + Movie Star Studio is a museum with a collection of tool carrier that is currently the largest and most comprehensive in Indonesia and Asia. Transport Museum managed to turn the view of society towards the museum boring into fun. The success of the Museum Angkut+ Movie Star Studio is not separated from the efforts of the Department of marketing that runs the function of marketing public relations. The research describes and analyzes the marketing public relations strategy is applied in constructing corporate image of Museum Angkut+ Movie Star Studio. In this research using qualitative approach with the types of descriptive research. The technique of selection of informants in this research is using a purposive sampling technique with data obtained from the results of structured interviews, observations of non participants and reinforced with documentation as support data. The data obtained are then analyzed using techniques of data analysis filling system with the use of the technique of the validity of data triangulation method. The results of this research show the public relations marketing strategy Transport Museum + Movie Star Studio run by marketing departments in maintaining corporate image by doing the task of marketing public relations namely Image PR and PR Routine Saturday very well. In addition the Museum Transports + Movie Star Studio has also implemented a strategy of forming the image correctly start in terms of Exposure, Attention, Comprehensive, Image and Behavior. Lack of marketing public relations Activity efforts conducted by marketing of Museum Angkut+ Movie Star Studio is still not implemented one of the tasks of marketing public relations namely Crisis PR. On this research there are flaws in this study i.e. from limitations of time that belongs to the researchers and company policies that restrict the spread of corporate data so as to make the data obtained in this study are still lacking depth. Therefore, the advice of researchers is to further similar studies are expected to analyze more depth about marketing public relations strategy at a museum in maintaining corporate image.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/544/051706103
Uncontrolled Keywords: Strategi, Marketing Public Relations, Corporate Image
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 659 Advertising and public relations > 659.2 Public relations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 04 Aug 2017 06:23
Last Modified: 10 Dec 2021 06:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/1032
[thumbnail of Subhan Muttaqin.pdf] Text
Subhan Muttaqin.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item