Penerapan Teknik Quality Rating Dalam Pajak Bumi dan Bangunan Dalam Menentukan Nilai Jual Objek Pajak Bumi : Studi Kasus Pada Kelurahan Jatimulyo, Kota Malang.

HendikPrasetyo (2007) Penerapan Teknik Quality Rating Dalam Pajak Bumi dan Bangunan Dalam Menentukan Nilai Jual Objek Pajak Bumi : Studi Kasus Pada Kelurahan Jatimulyo, Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini menerapkan Teknik Quality Rating yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh Quality Score yang didalamnya terdapat faktor lokasi, lebar jalan, keramaian, transportasi, dan pusat kawasan bisnis terhadap nilai jual bumi khususnya di kelurahan Jatimulyo kota Malang. Selain itu, tujuan lain yang ingin dicapai adalah untuk menafsirkan besarnya Nilai Jual Objek Pajak Bumi yang wajar menurut Teknik Quality Rating dan membandingkan hasilnya dengan Nilai Jual Objek Pajak Bumi yang diberlakukan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif yaitu menggunakan data primer dan data sekunder. Untuk mengetahui pengaruh Quality Score terhadap Nilai Jual tanah serta membandingkan hasilnya dengan NJOP Bumi yang diberlakukan digunakan analisa regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisa statistik uji parsial (uji t) dibuktikan bahwa Quality Score secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap nilai jual tanah/bumi di Kelurahan Jatimulyo Kota Malang. Selain itu berdasarkan hasil uji kelayakan model regresi atau Model Fit, dapat diambil kesimpulan bahwa model regresi memenuhi syarat untuk digunakan sebagai prediksi dalam menentukan nilai jual tanah di Kelurahan Jatimulyo Kota Malang. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa Nilai Jual Objek Pajak Bumi dengan Teknik Quality Rating menghasilkan Nilai Jual Objek Pajak Bumi yang tidak menyimpang jauh dari perhitungan Nilai Jual Objek Pajak Bumi yang diberlakukan di Kelurahan Jatimulyo Kota Malang, bahkan dapat dikatakan mendekati sama dengan NJOP Bumi yang diberlakukan di Kelurahan Jatimulyo Kota Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2007/347/050702209
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Aug 2007 00:00
Last Modified: 20 Oct 2021 09:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103187
[thumbnail of 050702209.pdf]
Preview
Text
050702209.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item