Analisis Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Triadin Swalayan BumiAsri Malang

FajarFarianto (2007) Analisis Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Triadin Swalayan BumiAsri Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian yang bersifat eksplanatory yaitu menyoroti dan menjelaskan hubungan antara variabel penelitian dan menguji hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya. Penelitian ini menggunakan Triadin Swalayan yang berada di Bumiasri Malang sebagai obyeknya dan dengan judul penelitian: “Analisis Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Triadin Bumiasri Malang”. Latar belakang pengambilan judul pada penelitian ini adalah bahwa ketatnya persaingan yang terjadi pada bidang bisnis retail menyebabkan perlunya Triadin untuk mempunyai suatu keunggulan untuk memenangkan persaingan tersebut. Keunggulan tersebut dapat diwujudkan salah satunya yaitu dengan melalui peningkatan kualitas pelayanan dari Triadin agar kepuasan konsumen dapat terwujud. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dimensi kualitas jasa pelayanan terhadap kepuasan konsumen dan untuk mengetahui faktor dimensi kualitas jasa pelayanan manakah yang dominan mempengaruhi kepuasan konsumen pada Triadin Bumiasri Malang. Metode penelitian yang diambil yaitu menggunakan populasi dan sample dengan menyebarkan kuesioner kepada responden yang telah ditentukan (Purpossive Sampling) untuk memperoleh data penelitian. Analisa data yang digunakan yaitu menggunakan metode statistik seperti Regresi Linier berganda, Uji F, Uj t untuk menguji hipotesis yang telah ditentukan. Berdasarkan kajian teori dan model hipotesisyang telah digunakan, maka Penulis menarik suatu hipotesis. Pada penelitian ini hipotesis yang akan diuji adalah Hipotesis 1 dan 2 dimana, diduga terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan dan pasial antara variabel atau peubah Bukti Fisik (X1), Keandalaan (X2), Daya Tanggap (X3), Jaminan (X4), dan Empati (X5) terhadap Kepuasan (Y). Dan Hipotesis 3, diduga bahwa variabel Empati (X5) mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap Kepuasan (Y) dibanding dengan variabel atau Bukti Fisik (X1), Keandalaan (X3), Daya Tanggap (X4), dan Jaminan (X5). Dari data penelitian yang diolah maka dapat dihasilkan bahwa variabel dimensi kualitas jasa pelayanan tersebut berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen baik secara parsial ataupun secara simultan dan variabel kualitas jasa pelayanan yang dominan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen yaitu variabel Empati. Dan data penelitian tersebut dapat dilihat bahwa variabel Empati sangat berpengaruh paling dominan yaitu bagaimana perhatian karyawan Triadin terhadap konsumen. Sedangkan variabel yang dirasa masih kurang diperhatikan yaitu variabel daya tanggap yaitu bagaimana daya tanggap pihak Triadin terhadap kemauan konsumen. Pada penelitian ini untuk mencapai hasil yang lebih baik, penulis menyarankan agar lebih banyak memperhatikan empati diantara dengan memperhatikan kepentingan setiap pelanggan, memahami kebutuhan spesifik para pelanggan sehingga tingkat kepuasan pelanggan pada Triadin Swalayan dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2007/298/050701952
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 06 Aug 2007 00:00
Last Modified: 20 Oct 2021 09:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103134
[thumbnail of 050701952.pdf] Text
050701952.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item