Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pengungkapan sosial dalam laporan tahunan perusahaan serta inplikasi tingkat pengungkapan sosial terhadap Cumulatif Abnormal Return : Studi empiris pada perusah

ShahnazPrativindya (2007) Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pengungkapan sosial dalam laporan tahunan perusahaan serta inplikasi tingkat pengungkapan sosial terhadap Cumulatif Abnormal Return : Studi empiris pada perusah. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Akuntansi pertanggungjawaban sosial semakin berkembang seiring dengan meningkatnya tuntutan publik terhadap akuntabilitas perusahaan. Umumnya perusahaan publik di Indonesia menggunakan laporan tahunan sebagai media pengungkapan sosial. Pengungkapan sosial masih tergolong sebagai pengungkapan sukarela. Karenanya ada perbedaan tingkat pengungkapan antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Selain itu, dalam pengambilan keputusan investasi para investor tidak hanya mempertimbangkan informasi keuangan saja tetapi juga memperhatikan informasi non keuangan, salah satunya yaitu informasi sosial perusahaan. Penelitian ini menggunakan dua model regresi. Regresi pertama bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, struktur modal dan profitabilitas terhadap tingkat pengungkapan social perusahaan. Sementara pada model regresi kedua digunakan untuk mengetahui pengaruh tingkat pengungkapan sosial terhadap cumulative abnormal return di sekitar tanggal publikasi laporan tahunan. Dalam penelitian ini digunakan 40 sampel perusahaan-perusahaan publik yang termasuk dalam kategori high profile selama periode pengamatan 2004-2005. Metode penyampelan yang digunakan adalah purposive sampling method. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan serta profitabilitas berpengaruh signifikan, sementara struktur modal ditemukan tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat pengungkapan sosial. Selain itu penelitian ini juga menemukan bahwa tingkat pengungkapan sosial tidak berpengaruh terhadap cumulative abnormal return disekitar tanggal publikasi laporan tahunan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2007/290/050701916
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 31 Jul 2007 00:00
Last Modified: 20 Oct 2021 09:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103126
[thumbnail of 050701916.pdf]
Preview
Text
050701916.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item