IkeAndykaPuspaSari (2007) Persepsi atas UNETHICAL BEHAVIOR dalam sistem informasi : Faktor Jurusan Studi dan Gender. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah perbedaan jurusan studi dan gender mempengaruhi tingkat persepsi atas perilaku tidak etis dalam penggunaan dan pengembangan sistem informasi terkomputerisasi. Tujuh skenario dilema etis dipersiapkan untuk mewakili tujuh isu etika dalam sistem informasi, seperti : pengungkapan, tanggung jawab sosial, integritas, konflik kepentingan, akuntabilitas, perlindungan privasi dan sikap diri. Sebanyak 400 kuesioner disebarkan kepada mahasiswa jurusan Akuntansi dan mahasiswa Teknik Informatika pada Universitas Negeri dan Swasta di Malang. Metode pengujian yang digunakan untuk menjawab pertanyaan penelitian secara umum adalah analisis univariat varian. Sedangkan metode SNK digunakan untuk menjawab pertanyaan penelitian secara khusus, atau berkaitan dengan masing-masing skenario. Hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan persepsi atas unethical behavior baik berdasarkan perbedaan jurusan studi maupun gender. Secara terperinci ditemukan perbedaan persepsi pada perbedaan jurusan studi, yang perbedaan itu hanya terjadi pada skenario tanggung jawab sosial dan akuntabilitas. Perbedaan di dua skenario tersebut menunjukkan bahwa mahasiswa Akuntansi lebih etis daripada mahasiswa Teknik Informatika. Sedangkan untuk perbedaan gender terdapat perbedaan hanya pada skenario pengungkapan. Perbedaan pada skenario ini menunjukkan bahwa perempuan lebih etis daripada laki-laki.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2007/272/050701750 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 20 Jul 2007 00:00 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 09:19 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103107 |
Preview |
Text
050701750.pdf Download (6MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |