Errol Jonathans Sebagai Tokoh Media Lokal Jawa Timur (Studi Eksploratif pada Kiprah dan Pemikiran Errol Jonathans di Radio Suara Surabaya FM)

Afida, Handika Nur (2017) Errol Jonathans Sebagai Tokoh Media Lokal Jawa Timur (Studi Eksploratif pada Kiprah dan Pemikiran Errol Jonathans di Radio Suara Surabaya FM). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Errol Jonathans atau akrab dipanggil Errol merupakan tokoh media lokal Jawa Timur. Pengalamannya selama 30 tahun lebih bergelut di dunia radio membuatnya mempunyai pandangan sendiri terhadap kondisi radio di Indonesia saat ini. Mengawali karier bekerja di radio Arjuno, kemudian berpindah di Pos Kota koresponden Jawa Timur sebagai wartawan dan bergabung dengan Radio Suara Surabaya pada tahun 1986 sebagai reporter dan penyiar, dan sekarang menjabat sebagai Direktur Utama Radio Suara Surabaya FM. Penelitian ini berusaha menggali pemikiran-pemikiran tokoh media lokal Errol Jonathans sebagai praktisi media di Jawa Timur di masa orde baru hingga saat ini. Penelitian ini menggunakan studi pemikiran dengan pendekatan Sociology of knowledge dan Sociology of media, dengan metode kualitatif eksploratif. Hasil dari data yang sudah di dapat oleh peneliti menunjukkan bahwa beberapa pokok pemikiran Errol Jonathans adalah mengembangkan konsep jurnalisme interaktif atau yang saat ini dikenal sebagai citizen journalism di radio siaran. Di samping itu, dalam pengelolaan radio Errol juga memperhatikan idealisme radio tanpa harus mengabaikan segi komersialnya sehingga ia menciptakan formula khas yakni Segitiga Errol. Konsep yang diciptakan Errol ini menjelaskan keterkaitan antara produk media, konsumen dan pemasang iklan dalam pengelolaan media. Sehingga Errol dapat menciptakan sebuah media yang berhasil secara bisnis dan juga dapat menjalankan fungsi pelayanan kepada masyarakat.

English Abstract

Errol Jonathan or as known as Errol is one of local media figures in East Java. His experience for more than 30 years in radio makes herself has his own thought about the condition of Indonesian radio at this time. He started his career working on Arjuno radio, then moved to Post Kota correspondent of East Java post as a journalist and work as reporter and announcer of Suara Surabaya starting in 1983 which currently serves as president director of Suara Surabaya. This research attempts to explore the thoughts of Errol Jonathans as media practitioners in East Java in the new order era until this time. This research uses the intellection study with approach of Sociology of knowledge and Sociology of media, with qualitative explorative method The results of the data that has been collected by the researcher shows that some of Errol Jonathans’s main ideas is developing the concept of interactive journalism or what is currently known as citizen journalism on radio broadcast. In addition, in the management of radio Errol also pay attention to radio’s idealism without having to ignore the commercial side so that he created a typical formula that’s called “Segitiga Errol”. The concept created by Errol explaints the relationship between media product, consumers anda advertisers in media management. So, Errol can create a media which is success in term of business and runs the service function to society.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/106/051802562
Uncontrolled Keywords: citizen journalism, Errol Jonathans, manajemen media, sociology of knowledge, sociology of media, Studi Pemikiran
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.209 Communication (History, geographic treatment, biography)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 07 May 2018 06:28
Last Modified: 18 Oct 2021 03:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10310
[thumbnail of Handika Nur Afida.pdf] Text
Handika Nur Afida.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item