Saputri, Nurlaely Wahyu (2018) Pengaruh E-System Perpajakan Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Dalam Memenuhi Kewajiban Perpajakan (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pasuruan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
E-System yang terdiri dari e-registration, e-billing, e-SPT, dan e-filling diharapkan dapat meningkatkan pendapatan negara juga diharapkan wajib pajak perorangan yang menggunakan produk e-sysem yang dterapkan Direktur Jendral Pajak (DJP) berdampak pada kepuasan bagi wajib pajak perorangan. Namun apakah dengan e-system wajib pajak merasakan kepuasan terhadap pelayanan tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksploratori dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di KPP pasuruan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wajib pajak yang terdaftar yang menggunakan pelaporan pajak melalui e-system sampel sebanyak sebanyak 100 orang responden yang dijadikan sampel penelitian. Metode pengumpulan data dilakukan dengan melakukan penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian dapat dirumuskan menjadi 5 yaitu: 1) Ada pengaruh signifikan dan positif variabel e-registration terhadap variabel kepuasan wajib pajak deengan nilai probabilitas (0,018<0,05). 2) Ada pengaruh signifikan dan positif variabel e-filling terhadap variabel kepuasan wajib pajak probabilitas (0,000<0,05). 3) Ada pengaruh signifikan dan positif variabel E-SPT terhadap variabel kepuasan wajib pajak probabilitas (0,000<0,05). 4) Ada pengaruh signifikan dan positif variabel e-billing terhadap variabel kepuasan wajib pajak probabilitas (0,015<0,05). 5) E-Registration, E-Filling, E-SPT dan E-Billing secara simultan (bersama-sama) terhadap kepuasan wajib pajak probabilitas (0,000<0,05).
English Abstract
E-System consisting of e-registration, e-billing, e-SPT, and e-filling is expected to increase the income of the country is also expected individual taxpayers using e-sysem products that dendapkan Director General of Tax (DJP) impact on satisfaction for individual taxpayer. But whether the e-system taxpayers feel satisfaction with the service. The type of research used is exploratory research with quantitative approach. The location of this research was conducted in KPP Pasuruan. The population in this study are all registered taxpayers who use tax reporting through e-system samples as much as 100 respondents who used as sample research. Methods of data collection is done by distributing questionnaires. Data analysis technique used is multiple linear regression. The results can be formulated into 5, namely: 1) There is a significant and positive influence of e-registration variable on taxpayer satisfaction variable deengan probability value (0,018 <0,05). 2) There is significant and positive influence of e-filling variable on taxpayer satisfaction variable (0,000 <0,05). 3) There is significant and positive influence of E-SPT variable on taxpayer satisfaction variable satisfaction (0,000 <0,05). 4) There is significant and positive influence of e-billing variable on taxpayer satisfaction variable (0,015 <0,05). 5) E-Registration, E-Filling, E-SPT and E-Billing simultaneously (together) on the taxpayer's satisfaction probability (0,000 <0.05).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2018/131/051803080 |
Uncontrolled Keywords: | E-System, Kepuasan Wajib Pajak, Perpajakan |
Subjects: | 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Yusuf Dwi N. |
Date Deposited: | 07 May 2018 06:22 |
Last Modified: | 01 Nov 2022 01:32 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10307 |
![]() |
Text
NURLAELY WAHYU SAPUTRI.pdf Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |