Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen memilih jasa persewaan : Studi pada CV. Catur Putra Gresik

FeryKustianto (2007) Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen memilih jasa persewaan : Studi pada CV. Catur Putra Gresik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Persaingan bisnis dibidang jasa, salah satunya pada jasa persewaan tenda, akan terus mengalami perubahan seiring dengan perubahan pola pikir konsumen yang dinamis dan perubahan kekuatan global. Sehubungan dengan hal tersebut, mengerti kebutuhan dan keinginan konsumen adalah suatu hal yang sangat penting yang dapat dijadikan senjata suatu perusahaan untuk memenangkan pasar. Penelitian ini dilaksanakan di jasa Persewaan Catur Putra Gresik yang merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang jasa persewaan alat-alat pesta dan upacara. Jenis penelitian ini adalah kausal komparatif, yaitu penelitian yang bertujuan mencari hubungan kausal antara variabel-variabel penelitian melalui pengujian hipotesa. Riset yang dilakukan adalah survey, untuk melihat pengaruh variabel independen (bauran pemasaran jasa yang terdiri: produk, harga, lokasi, promosi, orang/penyedia jasa, proses, dan bukti fisik) terhadap variabel dependen (keputusan konsumen memilih persewaan Catur Putra). Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh variabel bauran pemasaran terhadap keputusan konsumen memilih persewaan Catur Putra. Dalam mengukur keputusan konsumen dalam memilih persewaan Catur Putra disini digunakan kuisioner yang berisikan tentang tingkat kepuasan atau tidaknya konsumen terhadap komponen-komponen variabel bauran pemasaran yang ada. Selanjutnya data tersebut diolah dengan menggunakan metode regresi linier berganda melalui proses SPSS 12, menggunakan uji F, uji t, dan koefisien korelasi untuk menjawab hipotesis. Disamping itu juga dilakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi normalitas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas guna mendapatkan hasil yang tidak bias. Dari hasil analisis regresi linier berganda, diperoleh bahwa seluruh variabel bauran pemasaran yang ada secara simultan dan parsial berpengaruh terhadap keputusan konsumen memilih jasa Persewaan Catur Putra, dan variabel Harga merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh dibanding dengan ariabel lainnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2007/216/050701394
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 Jun 2007 00:00
Last Modified: 20 Oct 2021 07:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103051
[thumbnail of 050701394.pdf] Text
050701394.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item