Peran Analisis Rasio Keuangan sebagai Salah Satu Alat untuk Memprediksi Tingkat Kebangkrutan Bank di Indonesia : Studi Kasus pada Bank-Bank yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta

MariaAyuDyanAtristasari (2007) Peran Analisis Rasio Keuangan sebagai Salah Satu Alat untuk Memprediksi Tingkat Kebangkrutan Bank di Indonesia : Studi Kasus pada Bank-Bank yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tahun 1997-1998 merupakan tahun yang terberat dalam tiga puluh tahun pelaksanaan pembangunan ekonomi Indonesia. Hal ini disebabkan karena krisis nilai tukar yang terjadi pada pertengahan tahun 1997. Sejak saat itu kinerja perekonomian Indonesia menurun tajam dan berubah menjadi krisis yang berkepanjangan ini berimbas pada menurunnya kepercayaan masyarakat pada lembaga perbankan dan bank-bank dalam keadaan tidak sehat. Adanya ketentuan kesehatannya Bank Indonesia selaku Bank Sentral yang berwenang dalam hal pengawasan dan pembinaan bank mewajibkan tiap-tiap bank untuk menjaga tingkat kesehatannya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif untuk mengetahui tingkat kesehatan Bank-bank yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta (BEJ) selama periode 2001- 2005. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode CAMELS. Metode CAMELS adalah salah satu alat analisis rasio keuangan yang digunakan untuk menilai tingkat kesehatan dan memprediksi tingkat kebangkrutan bank dengan menilai laporan keuangan bank. Komponen-komponen yang dinilai dalam metode CAMELS antara lain adalah faktor permodalan, kualitas aktiva produktif, manajemen, rentabilitas, likuiditas dan sensitivity to risk market. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum bank-bank yang terdaftar di BEJ memiliki peringkat komposit 2 yaitu kinerja bank secara umum baik. Sedangkan untuk bank-bank yang berpotensi untuk mengalami kebangkrutan (kesulitan keuangan) ada 2 yaitu Bank Century (Bank dalam Pengawasan Khusus) dan Bank Nusantara Parahyangan (Bank dalam Pengawasan Intensif). Sehingga dapat disimpulkan kinerja ke-2 bank tersebut harus ditingkatkan agar mampu menjaga kelangsungan usahanya untuk tahun-tahun mendatang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2007/205/050701281
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 14 Jun 2007 00:00
Last Modified: 20 Oct 2021 07:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103040
[thumbnail of 050701281.pdf]
Preview
Text
050701281.pdf

Download (11MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item