Analisis variabel - variabel yang mempengaruhi penyerapan tenaga kerja pada industri mebel di kota Pasuruan : Studi kasus di kelurahan Bukir, kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan

AbdulBarZimamRajabi (2007) Analisis variabel - variabel yang mempengaruhi penyerapan tenaga kerja pada industri mebel di kota Pasuruan : Studi kasus di kelurahan Bukir, kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam perekonomian Indonesia, ketenagakerjaan mengalami dinamika permasalahan yang cukup kompleks yang disebabkan oleh adanya ketimpangan antara tingginya laju angkatan kerja dan rendahnya kesempatan kerja yang tersedia. Sementara itu keberadaan usaha kecil dan menengah (UKM) disadari sangat penting dalam penciptaan kesempatan kerja. Industri mebel merupakan salah satu sektor UKM yang cukup dominan dan menjadi andalan di Kota Pasuruan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran mengenai karakteristik industri mebel di Kota Pasuruan. Selanjutnya dilakukan analisa terhadap data yang diperoleh guna mengetahui variabel-variabel yang berpengaruh terhadap penyerapan tenaga kerja pada industri mebel di Kota Pasuruan. Dari hasil analisa menggunakan metode regresi linier berganda diperoleh kesimpulan bahwa variabel modal, omzet penjualan, dan pengalaman kerja berpengaruh secara signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja pada industri mebel di Kota Pasuruan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2007/191/050701267
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 08 Jun 2007 00:00
Last Modified: 20 Oct 2021 07:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103026
[thumbnail of 050701267.pdf]
Preview
Text
050701267.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item