Analisis Perbedaan Pendapatan Usahatani Tebu Organik dan Anorganik (Studi kasus DI Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo)

Winda, Dwi K (2007) Analisis Perbedaan Pendapatan Usahatani Tebu Organik dan Anorganik (Studi kasus DI Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penggunaan pupuk kimia yang berlebihan menyebabkan penurunan kualitas tanah sehingga hasil produksi menurun, padahal biaya produksi yang dikeluarkan petani terus bertambah tiap tahunnya. Penurunan hasil produksi dengan peningkatan biaya produksi berarti penurunan pendapatan bagi petani. Melihat perkembangan itu perlu dicari sebuah solusi alternatif berupa terobosan teknologi pertanian yang mampu menjawab dan memberikan solusi permasalahan disektor pertanian dan implikasinya. Dengan dikembangkannya solusi teknologi usahatani organik untuk mengatasi penurunan hasil produksi tebu maka sebagian kecil petani tebu di Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo menggunakan tehnologi pertanian organik dengan pupuk utama yang terbuat dari pupuk kompos untuk menekan biaya produksi usahatani tebu. Terdapat sebagian kecil petani tebu di Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo yang beralih menggunakan pupuk organik , menyebabkan adanaya perbedaan pendapatan antara pendapatan usahatani tebu organik dan anorganik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2007/105/050700628
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 27 May 2009 11:20
Last Modified: 25 Mar 2024 07:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103013
[thumbnail of 050700628.pdf]
Preview
Text
050700628.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item