Pengaruh Struktur Kepemilikan, Kontrak Hutang, Kebijakan Dividen, Kos Politis, dan Pertumbuhan Perusahaan terhadap Konservatisme Akuntansi

FerraSukristiani (2007) Pengaruh Struktur Kepemilikan, Kontrak Hutang, Kebijakan Dividen, Kos Politis, dan Pertumbuhan Perusahaan terhadap Konservatisme Akuntansi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Konservatisme akuntansi merupakan prinsip penting dalam pelaporan keuangan agar pengukuran dan pengakuan aktiva serta laba dapat dilakukan dengan reaksi hati-hati karena aktivitas ekonomi dan situasi bisnis dilingkupi ketidakpastian. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh fakta empiris pengaruh struktur kepemilikan, kontrak hutang, kebijakan dividen, kos politis, dan pertumbuhan perusahaan manufaktur terhadap konservatisme akuntansi. Pemilihan sampel ditentukan dengan menggunakan purposive sampling method dan studi empiris dilakukan pada 22 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta (BEJ) periode tahun 2003 sampai dengan 2005. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian yang tergolong sebagai hypothesis testing. Pengujian hipotesis dilakukan dengan regresi linear berganda yang digunakan untuk mengukur kekuatan hubungan antara dua variabel atau lebih dan dilakukan secara parsial terhadap masing-masing variabel independen yaitu struktur kepemilikan, kontrak hutang, kebijakan dividen, kos politis, dan pertumbuhan perusahaan manufaktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ditemukan bukti empiris adanya pengaruh struktur kepemilikan dan kontrak hutang pada perusahaan manufaktur terhadap konservatisme akuntansi. Pada penelitian ini berhasil ditemukan bukti empiris adanya pengaruh kebijakan dividen, kos politis, dan pertumbuhan perusahaan manufaktur terhadap konservatisme akuntansi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2007/050703175
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 03 Dec 2007 00:00
Last Modified: 20 Oct 2021 07:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103007
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item