Analisa Pengaruh Upah Minimum Kota/Kabupaten (UMK), Pengeluaran Pemerintah dan Jumlah Angkatan Kerja terhadap Kesempatan Kerja di Kabupaten Malang : studi Kasus Tahun : 1996-2005

FarishRakhmanHakim (2007) Analisa Pengaruh Upah Minimum Kota/Kabupaten (UMK), Pengeluaran Pemerintah dan Jumlah Angkatan Kerja terhadap Kesempatan Kerja di Kabupaten Malang : studi Kasus Tahun : 1996-2005. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pertumbuhan ekonomi yang tinggi seharusnya diikuti dengan meningkatnya pendapatan masyarakat yang pada akhirnya dapat mengurangi angka kemiskinan dan menciptakan kesejahteraan. Akan tetapi, yang terjadi di Indonesia bertolak belakang. Salah satu faktor yang menyebabkan tingginya angka kemiskinan di Indonesia adalah tingkat pengangguran yang cukup tinggi karena laju perekonomian yang tidak bergerak untuk menciptakan lapangan kerja baru. Lapangan kerja yang sedikit menyebabkan kecilnya kesempatan kerja yang terjadi dan fenomena ini juga terjadi di Kabupten Malang. Dalam Penelitian ini kesempatan kerja dipengaruhi oleh beberapa variabel, yaitu Upah Minimum Kota/Kabupten (UMK), pengeluaran pemerintah dan jumlah angkatan kerja. Berdasarkan tinjauan teoritis yang seperti itu, dengan menggunakan bantuan software SPSS 12.0 diperoleh hasil bahwa variabel Upah Minimum Kota/Kab (UMK) berpengaruh signifikan terhadap kesempatan kerja dengan arah negatif pada tingkat kepercayaan 95%, variabel pengeluaran pemerintah tidak berpengaruh signifikan dan variabel Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) berpengaruh signifkan dengan arah positif. Model yang digunakan juga telah mampu menjelaskan data-data dari variabel, dimana koefisien determinasinya sebesar 0.904, hal ini berarti 90,4% kesempatan kerja di Kabupaten Malang dapat dijelaskan oleh tiga variabel bebas yaitu Upah Minimum Kota/Kabupaten (UMK), pengeluaran pemerintah dan jumlah angkatan kerja. Sedangkan sisanya sebesar 9,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model persamaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2007/050703136
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 29 Nov 2007 00:00
Last Modified: 20 Oct 2021 07:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103004
[thumbnail of 050703136.pdf]
Preview
Text
050703136.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item