Pengaruh penerapan biaya promosi dan biaya sales tools terhadap nilai penjualan pada Perumahan & Ruko ’Pesona Madusari’ Ponorogo

RidhaBungaNirmala (2007) Pengaruh penerapan biaya promosi dan biaya sales tools terhadap nilai penjualan pada Perumahan & Ruko ’Pesona Madusari’ Ponorogo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Banyak pernyataan yang bisa diungkapkan untuk mendefinisikan arti dari promosi. Pada intinya, promosi merupakan suatu langkah / cara yang dilakukan sebuah organisasi / perusahaan untuk memperkenalkan dan memasarkan produk atau jasa yang diproduksinya. Promosi ini teramat penting dilakukan mengingat pada masa menuju perdagangan bebas saat sekarang, dan dikarenakan pula oleh semakin ketatnya persaingan yang ada, maka sebuah organisasi / perusahaan ini dituntut untuk mampu menampilkan ‘dirinya’ sedemikian perfect sehingga bisa menarik keinginan konsumen untuk mengkonsumsi produk / jasanya. Tidak jarang pula terjadi dalam suatu kasus di suatu perusahaan bahwa biaya yang dikeluarkan perusahaan tersebut untuk melakukan promosi adalah sangat tinggi, dimana hal ini terjadi dalam rangka untuk mendukung tingkat penjualan yang tinggi pula. Penelitian ini dilaksanakan di proyek Perumahan&Ruko ‘Pesona Madusari’ Ponorogo. Jenis yang digunakan merupakan jenis explanatory research dimana penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dan pengaruh baik secara simultan ataupun parsial antara biaya promosi ‘Pesona Madusari’ ( yang terdiri atas biaya advertising dan biaya sales promotion ) serta biaya sales tools terhadap nilai penjualan pada subjek tersebut. Data yang diperlukan dan kemudian diolah merupakan data time series pada kantor ‘Pesona Madusari’ selama 27 bulan yaitu mulai April 2005 s/d Juni 2007. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda, sedangkan pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji F dan uji t. Di samping itu juga dilakukan uji Asumsi Klasik untuk mendapatkan hasil yang tidak bias. Penelitian ini terdiri atas dua variabel independen yaitu Biaya Promosi (X1) dan Biaya Sales Tools (X2), serta satu variabel dependen yaitu Nilai Penjualan (Y). Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa perubahan variabel Nilai Penjualan dapat dijelaskan oleh perubahan variabel-variabel Biaya Promosi dan Biaya Sales Tools sebesar 11.3%, sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lain di luar variabel independen yang diteliti. Hasil yang diperoleh juga menunjukkan bahwa dari variabel-variabel independen tersebut di atas mempunyai pengaruh positif yang tidak signifikan terhadap variabel dependen; Biaya Promosi dengan β1=107.330, dan Biaya Sales Tools dengan β2=0.975, ditambah dengan nilai Sig.F sebesar 0.141 yang lebih besar dari α 0.05 (0.141>0.05). Hasil lain yang diperoleh adalah bahwa dari ke-dua variabel independen ini, yang paling dominan berpengaruh terhadap perubahan Nilai Penjualan (Y) adalah Biaya Promosi (X1) dengan nilai standardized coefficients (Beta) sebesar 0,457.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2007/050703084
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 21 Nov 2007 00:00
Last Modified: 20 Oct 2021 07:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102997
[thumbnail of 050703084.pdf]
Preview
Text
050703084.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item